oleh

Insiden Mina, Tak Ada Korban Asal Dompu.

DOMPU—Insiden Mina, Arab Saudi yang menewaskan ratusan jamah haji dari berbagai negara, tak satupun berasal dari Kabupaten Dompu. Kepastian itu diperoleh dari Kepala Kementrian Agama Kabupaten Dompu Drs H Syamsul Ilyas yang dikonfirmasi kamis kemarin.

‘’Sejauh ini belum ada laporan jamaah haji kita menjadi korban insiden Mina,’’ ujar Kemenag Syamsul Ilyas.

Namun demikian pihaknya akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan petugas haji untuk memantau kondisi jamaah haji. Dia minta kepada seluruh ummat muslim Dompu untuk mendoakan keselamatan jamaah haji yang kini sedang melaksanakan ibadah.

Sebagaimana dilaporkan dalam beberapa situs, pada kamis sekitar pukul 07.00 waktu Arab Saudi terjadi insiden Mina. Menumpuknya jamah haji yang akan melakukan lontar jumrah aqaba membuat mereka berdesak-desakan yang berujung jatuhnya korban ratusan orang tewas dan terluka.

Lautan manusia yang menuju tempat lontar di Mina menjadi salah satu titik rawan kecelakaan. Kali ini kecelakaan terjadi akibat rombongan jamaah yang didepan tiba-tiba berhenti. Rombongan belakang tak sabar dan terjadi saling dorong.

Untungnya jalur 204 yang menjadi titik insiden Mina bukan jalur yang biasa dilalui oleh Jama’ah asal Indonesia. Jalur itu dilalui oleh Jamaah Mesir, Arab dan Afrika.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]