oleh

Ratusan Pelajar Ikut Sosialisasi Konsumsi Sayur,Buah Dan Ikan

DOMPU—Sosialisasi percepatan penganekaragaman konsumsi dalam gerakan penurunan angka konsumsi beras dan peningkatan angka konsumsi sayur, buah dan ikan yang diselenggarakan oleh Badan Ketahanan Pangan Propinsi NTB di taman Kota Dompu selasa 15/12 kemarin berlangsung meriah.

 

Ratusan pelajar SD dan SMP ikut serta dalam kegiatan tersebut, mereka sangat antusias dan gembira. Setiap pelajar disodori satu kotak makanan yang terdiri dari sayur, buah-buahan dan makanan non beras. Sepanjang kegiatan para pelajar tak henti-hentinya karena acara diselingi dengan hiburan orgen tunggal.

Acara itu dibuka oleh Sekda Dompu H Agus Buchari,M.Si, Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi NTB, Ir Hj Hartina MM memimpin juga hadir sekaligus memimpin acara yang dihadiri pejabat daerah dan ratusan pelajar serta guru-guru.

Dalam sambutanya Sekda Dompu H Agus Buhari,M.Si menyatakan sosialisasi yang dilakukan merupakan momen penting dalam menggerakan serta mengajak semua pihak untuk terlibat langsung dalam gerakan penyadaran kepada masyarakat bahwa upaya penganekaragaman konsumsi pangan adalah wajib untuk dilakukan.

Menurutnya semakin berkwalitas pangan yang dikonsumsi oleh masyarakat disuatu wilayah maka semakin berkwalitas pula tingkat kesejahteraan dan gaya hidup masyarakat diwilayah tersebut.

Data yang ada pola pangan harapan (PPH) wilayah Kabupaten Dompu baru mencapai skor 74 dibanding dengan target yang mencapai skor 80. Ini menunjukanbahwa tingkat keanekaragaman konsumsi pangan masyarakat kita masih relatif lebih rendah. ‘’Karena itu melalui sosialisasi ini mari kita raih target itu,’’ pintanya.

Sementara itu Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi NTB Ir Hj Hartina,MM membantah data yang yang disebutkan oleh Sekda Dompu tersebut. Menurutnya kebiasaan masyarakat di Kabupaten Dompu pola konsumsi masyarakat selama ini cukup beragam, terutama kalau makan nasi pasti dengan sayur dan ikan.

Hal itu juga dibuktikan dengan hasil wawancara langsung dengan ratusan anak-anak sekolah. Mereka semua mengaku bahwa pola konsumsi mereka sangat beragam, ada nasi, sayur, buah-buahan dan ikan. Hj Hartina yang mengetes langsung pengetahuan ratusan pelajar tentang sayur, buah-buahan dan ikan tak satupun yang tidak mengerti. ‘’Ini buktinya pelajar sangat hafal dengan jenis sayur,buah dan ikan,’’ jelasnya.

Meski begitu dia mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Dompu untuk meningkatkan pola konsumsi. ‘’Jangan hanya makan nasi, ubi kayu atau sejenisnya sama saja,’’ ajaknya sambil menunjukan ubi kayu.

Dalam sosialisasi kemarin Hj Hartina sangat gembira dengan antusias ratusan pelajar mengikuti kegiatan tersebut. Karena itu kehadiran pelajar dalam sosialisasi itu diharapkan menjadi agen penyampai informasi kepada orang tua masing-masing. ‘’Sambutan pelajar sangat luar biasa,’’ pungkasnya.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]