oleh

IGI Dukung Pernyataan Bupati Soal Pendidikan Gratis

DOMPU-Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin beberapa waktu lalu mengatakan, sekolah gratis cenderung membuat siswa malas sekolah. Pernyataan itu didukung Ketua Ikatan Guru Indonesi (IGI) Dompu, Bambang Hermanto SPd MBA.

Dia menilai, apa yang disampaikan Bupati tersebut sudah sesuai dengan kenyataan di lapangan. Karena menurut dia, semenjak diberlakukannya pendidikan gratis, siswa cenderung acuh tak acuh terhadap pendidikan. “Kita sangat apresiasi pandangan pak Bupati. Itu semua sesuai dengan kenyataan yang ada,” kata Bambang.

Kondisi itu lanjut dia, akan jauh berbeda jika ada biaya yang ditanggung wali murid. Sebab pendidikan yang dibayar mahal dinilai akan jauh lebih berkualitas dibanding pendidikan gratis. “Kita bisa lihat kualitas sekolah swasta di kota besar. Kualitas seperti itu hanya bisa didapat dengan biaya mahal,” ujarnya.

Dengan diberlakukannya pendidikan gratis kata dia, tanggungjawab orangtua terhadap pendidikan anak tidak ada. Terutama kaitannya dengan pembiayaan. “Kalau kondisinya seperti ini, otomatis perhatian orangtua terhadap pendidikan anak akan menurun. Sebab tidak dibebani oleh biaya pendidikannya,” kata dia.

Ketua MKKS SMA se Kabupaten Dompu ini menilai, lumrahnya pendidikan gratis hanya diperuntukan bagi anak-anak yang kurang mampu dari segi ekonomi. Bukan diberlakukan secara merata seperti saat ini. “Kalau penerapannya seperti itu, saya yakin kualitas pendidikan kita akan lebih baik,” pungkasnya. (fir)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]