oleh

Jalan Menuju Dusun Kamudi Makan Korban

DOMPU–Jalan menuju Dusun Kamudi Desa Rababaka Kecamatan Woja Dompu NTB, kini makan korban. Dua orang bidan Polindes Rababaka yang sedang bertugas kesana kecelakaan, untungnya tidak ada korban jiwa, tapi sepeda motor hancur tubuh dua bidan penuh memar.

”Inilah bentuk pengabdian kami sebagai bidan desa, kecelakaan ditengah pegunungan, mau teriak juga percuma karena tak ada orang yang mendengar,”keluh bidan yang foto-fotonya diopload lewat FB oleh Apliria Rya.

Sekedar diketahui Dusun Kamudi masuk dalam wilayah Desa Rababaka, dusun ini masih berstatus terisolir karena tidak ada akses jalan yang memadai kesana. Menuju kesana harus jalan kaki atau naik kuda.

Bisa juga dengan kendaraan roda dua, tetapi harus memutar melewati terminal Ginte. Itupun jalanya rusak berat dengan beberapa tanjakan yang tajam. Jangan ukuran bidan, laki-laki tangguhpun tetap mengalami kesulitan melewati jalan ini.

Keberadaan warga dusun Kamudi memang masih dimarjinalkan oleh pemerintah daerah. Buktinya puluhan tahun bahkan dari nenek moyang mereka tak pernah diperhatikan, terutama akses jalan.

Karena itu para bidan ini berharap agar pemerintah daerah dapat memperhatikan nasib warga Kamudi paling tidak memperbaiki kondisi jalanya.

Sebab selama ini dalam pelayanan mereka harus melewati beberapa sungai yang melintang, kalau kebetulan sedang banjir maka untuk menyebrang harus menunggu banjirnya surut.

Tokoh masyarakat Dusun Kamudi, Juraid mengakui kalau perhatian pemerintah daerah masih kurang. Faktanya dusun yang sudah turun-temurun didiami itu tak diperhatikan, sehingga tak heran statusnya masih dusun tertinggal. ”Dari dulu kita selalu berharap agar jalan diperbaiki, paling tidak nyaman untuk berkendara roda dua,” pungkas Juraid.

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]