oleh

Narkoba Jadi Isu Utama Diarena Halal Bihalal KNPI

 

DOMPU–Peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Dompu saat ini terbilanh cukup mengkhawatirkan. Tak ayal  kondisi ini menyita perhatian banyak pihak.

 

Di arena Halal Bihalal dan diskusi pemuda yang yang berlangsung sukses di aula gedung pemuda (GP) Dompu, Minggu malam. Isu narkoba dan kearifan lokal menjadi topik utama yang disoroti dan dibahas oleh setiap pembicara.

 

Dalam forum pemuda itu, terungkap bahwa praktek predaran narkoba di Dompu semakin memprihatinkan. Barang haram tersebut kini ditengarai beredar luas di tengah masyarakat.

 

Objek sasaran peredarannya pun tidak lagi berlaku dikalangan orang dewasa. Anak-anak usia remaja dan para pelajar juga disinyalir telah banyak menjadi korban.

 

Selain minimnya pengetahuan kita semua tentang bahaya narkoba. Indikator lain yang diyakini menjadi salah satu pemicu banyaknya kalangan remaja dan pelajar terjerumus ke persoalan narkoba yakni dangkalnya  nilai-nilai kearifan lokal dalam kehidupan bermasyarakat. Terutama pengetahuan tentang ilmu keagamaan.

“Setidaknya ada regulasi aturan berupa Perda untuk pendidikan kurikulum lokal tentang nilai kearifan lokal. Agar generasi muda kita tidak terlalu larut dalam arus moderenasasi,” tukas Mus salah seorang peserta diskusi.

Dengan kondisi demikian, banyak pihak yang berharap agar aparat lebih tegas dalam melakukan upaya hukum terhadap para pelaku. Terutama kepada pengedar dan bandar narkoba.
Demikian pula peran pihak pemerintah, harus secara kontinyu dan aktif dalam melakukan tahap sosialisasi pencegahan dan penanggulangan terhadap peredaran narkoba.

 

Menanggapi itu, Abdul Haris selaku pihak yang mewakili unsur kepolisian menyampaikan apresiasi atas digelarnya Halal Bihalal dan diskusi kepemudaan oleh KNPI Dompu. Adanya harapan banyak pihak agar persoalan narkoba bisa diberantas habis sampai ke akarnya, itu memang menjadi sebuah pekerjaan rumah bagi aparat hukum.

“Narkoba harus sama-sama kita berantas. Semua komponen ayo bekerjasama, polisi butuh dukungan semua pihak,” jelas Kasat Intelkam Polres Dompu itu.

Forum diskusi tersebut tampak berjalan alot dan penuh tensi. Masing-masing peserta terlihat cukup bersamangat dalam menyampaikan pendapat dan argumennya. Aksi atraktif sang moderator gaek Abdul Yarid ST mampu memukau seluruh peserta diskusi dan para tamu.undangan yang hadir.

Arena Halal Bihalal dan diskusi pemuda DPD KNPI Dompu pun berjalan lancar, aman dan sukses. (DB02)

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]