oleh

Minim Instansi Berikan Sumbangan Hewan Kurban

 

DOMPU-Tahun ini Dinas Instansi masih minim memberikan hewan kurban. Sampai H-2 Idul Adha (Rabu, 30 Agustus) hanya sebahagian kecil yang telah menyerahkan laporan hewan kurban kepada panitia.

Padahal sesuai dengan surat edaran Bupati telah menghimbau agar seluruh dinas instansi wajib menyumbang walau satu ekor kambing.

Data PHBI yang diterima Rabu,  hewan kurban yang terkumpul  sekitar 150 ekor. Jumlah tersebut berasal dari Dinas Kesehatan sebanyak 1 ekor kambing, PLN 2 ekor sapi, RSUD 2 ekor kambing dan 2 ekor Sapi.

Kemudian Dinas Kominfo 1 ekor kambing, Dinas Pariwisata 1 ekor kambing, Dikpora 1 ekor sapi. PKPU (pos keadilan peduli umat) Jakarta, 30 ekor sapi. Keluarga Dompu Perantauan 2 ekor kerbau dan 6 ekor sapi. Sementara dari sumbangan perorangan, H Ikhtiar 1 ekor sapi.

Bupati dan Wakil Bupati Dompu telah menginformasikan akan menyumbang hewan kurban, hanya saja jumlahnya diketahui.

Sementara dinas instansi lain, termasuk lembaga DPRD belum satupun yang menyumbang. Diharapkan H-1 Kamis ini para penyumbang dapat memberikan laporanya.

Kabag Kesra Setda Dompu H Julkifli Lubis memprediksi jumlah hewan kurban untuk tahun ini bisa mencapai 400 ekor, jika masing-masing instansi menyumbang rata-rata dua ekor.

Dijelaskan, sebelum disembelih, pemeriksaan kesehatan hewan kurban tetap utamakan. Proses penyembelihan hewan juga akan dilakukan di rumah potong hewan (RPH).

“Daging hewan akan dibagikan oleh masing-masing instansi ke masyarakat yang membutuhkan,” pungkasnya. (DB01)

 

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]