oleh

Dewan Pers : Wartawan Jadi Tim Sukses di Pilkada Harus Mundur

Lumajang – Memasuki tahun politik 2018 dan 2019 mendatang, Dewan Pers ingatkan wartawan untuk netral. Bahkan wartawan yang terlibat menjadi tim sukses atau sebagai kontestan di Pilkada harus mengundurkan diri.

“Wartawan yang terlibat jadi tim sukses atau yang mencalonkan diri sebagai kontestan itu harus mundur, apakah mundur sementara atau permanent,” kata Imam Wahyudi, Anggota Dewan Pers Bidang Pengaduan Masyarakat Dan Penegakan Etika Pers.

Menurutnya, hal tersebut penting untuk dilakukan, karena wartawan harus menjadi pewarta profesional, bukan masuk ke arena politik, seperti Pilkada kali ini.

Hal tersebut disampaikan Imam, saat menjadi pembicara dalam acara dialog publik Hari Pers Nasional di gedung Diklat Pemkab Lumajang.

Bukan hanya menyoroti wartawan, Imam juga memperingatkan bahwa media harus independent. Imam menambahkan, independent tersebut yaitu dengan berpegang teguh pada prinsip Jurnalistik meski ikut menyorot kontestansi politik.

“Media harus berimbang, verifikasi kejelasan dan penegakan etika pers,” tutup Imam. (may/ono)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]