oleh

Jokowi,  Kunci Pembangunan di NTB Adalah Ada Air

DOMPU – Presiden RI Ir Joko Widodo mengungkapkan kunci pembangunan di NTB yaitu adanya air. Hal tersebut tidak lepas dari komoditi sektor pertanian yang berkembang pesat, di Dompu sendiri komoditi yang paling gencar dilaksanakan yaitu Tebu, Sapi, Jagung, dan Rumput Laut (TERPIJAR).

Presiden tadi pagi 30 Juli 2018 hadir di Dompu dalam rangka meresmikan Bendungan Tanju Kecamatan Menggelewa Dompu. Presiden didampingi  Menteri Pekerjaan Umum (PU) M Basuki Hadimuljono,  Gubernur NTB TGB  Zainul Majdi dan  Bupati Dompu H Bambang M.Yasin.

Dikatakan pembangunan Bendungan Tanju dapat menampung air irigasi hingga 2,250 Ha, Yang diharap dapat mengalirkan kebutuhan air untuk warga Manggelewa dan sekitarnya.

Diperkiran Bendungan Tanju dapat di optimalkan awal tahun 2019 sekitar bulan Januari-Februari, karena menurut perkiraan hujan akan mulai turun dari bulan Agustus atau September 2018 dan akan memenuhi debit air di Bendungan Tanju.

Menurut Presiden, pembangunan Bendungan terbanyak di Indonesia yaitu di NTB, “ untuk NTB kita bangun lima bendungan atau waduk, di daerah lain cuma kebagian satu atau dua” ungkap orang nomor satu di Indonesia itu.

Namun Jokowi menyesali pembangunan bendungan di Indonesia sendiri masih tertinggal dengan Negara-negara lain. Indnesia baru memiliki bendungan sebanyak 231 bendungan, dibandingkan dengan Amerika memiliki 6.100 bendungan, Cina 1.100 Bendungan, dan Jepang dengan 3000 bendungan. ‘’Tentu saja Indonesia masih tertinggal jauh dengan Negara-negara tersebut,’’ paparnya.

Sementara itu kedatangan Prsiden Jokowi di bendungan Tanju menarik perhatian masyarakat sekitar yang ingin menyaksikan atau hanya sekedar menyapa presiden. Tapi sayang kedatang presiden tersebut tidah lebih dari satu jam, karena masih banyak agenda Presiden yang harus di penuhi. (DB03)

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]