oleh

Kalembo Ade Banjir Mulai Menyerang Wilayah Dompu

DOMPU-Kalembo ade (Bersabar,red) itulah kata yang pantas disampaikan kepada warga Dompu dan sekitarnya. Baru saja hujan pemanasan datang air bah langsung menerjang perkampungan So Nggaja Kecamatan Kempo Dompu NTB Kamis dan Jum’at 8-9 Nopember 2018.

Banjir yang akan menerjang sejumlah wilayah, memang telah diprediksi banyak pihak mengingat rusak parahnya sejumlah kawasan hutan didaerah bermotto Nggahi Rawi Pahu itu.

Banjir yang menerjang Desa So Nggaja telah memporak-porandakan kehidupan warga disana. Kepanikan luar biasa dirasakan oleh seluruh warga. Rumah warga, sekolah dan kantor desa tak luput diterjang air bah yang datang dari arah pegunungan.

Tak ada yang bisa diperbuat warga kecuali pasrah dan menunggu hingga air bah surut. Desa ini memang menjadi langganan banjir beberapa tahun terakhir pasca rusak parahnya kawasan hutan disekitar desa itu.

Musibah ini tak urung mendapat kecaman dari berbagai pihak, terutama aktifis lingkungan hidup. Mereka mengecam oknum warga yang tidak bertanggung jawab serta pemerintah yang melakukan pembiaran terhadap aksi perusakan hutan.

Usai banjir bah yang menerjang Desa So Nggaja sore pukul 16.00 wita, Babinkamtibmas So Nggaja, Brigadir Satu Komang Juniarta bersama warga melakukan gotong royong membersihkan sisa-sisa banjir, terutama disaluran yang tersumbat.

Dalam laporanya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, sejumlah rumah terendam, 30 meter tembok pagar kantor desa roboh.

(DB03)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]