oleh

Sama-Sama Sukses, Pembangunan Dam Mila Dan Kerusakan Hutan

DOMPU-Pembangunan Bendungan Mila dikawasan hutan So Ncando dan So La Lembo Dompu NTB hampir rampung. Pengamatan dilapangan para pekerja tinggal menyelesaikan pekerjaan finishing seperti membuat pintu gerbang, taman, Hotmix jalan dan semacamnya.

Sesuai jadwal proyek yang menelan anggaran ratusan miliyar ini akan diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada Desember 2018 mendatang.

Suksesnya pemerintah membangun bendungan yang akan mengairi ribuan hektar sawah penduduk tentu sebuah prestasi yang luar biasa pemerintah daerah. Dengan demikian lahan yang tidak produktif selama ini bisa dimaksimalkan.

Tetapi pemandangan lain sangat tidak berbanding lurus dengan keberhasilan membangun bendungan raksasa di Bumi Nggahi Rawi Pahu. Kerusakan hutan pasca pembangunan bendungan semakin menjadi-jadi.

Kawasan hutan diseluruh dan mengitari bendungan habis dibabat dan dibakar. Pemandangan sangat memprihatinkan, kering kerontang, meranggas dan panas.

Belum ada upaya untuk menghentikanya, karena fakta dilapangan masyarakat masih bebas menebang dan membakar. Hutan kemiri yang menjadi kebanggaan warga Dompu yang terletak disisi barat bendungan Mila habis dibabat.

Hutan kemiri ini disamping menjadi mata pencaharian warga karena pada musimnya tinggal memungut untuk dijual, juga menjadi penyangga bendungan Mila.

Ayo pemangku kebijakan segera ambil langkah untuk menyelamatkan hutan ini. (DB01)

 

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]