oleh

Terkait Mahalnya Harga Pupuk, Dewan Panggil KP3

 

DOMPU-Menyikapi banyaknya keluhan petani terkait melambungnya harga pupuk subsidi di wilayah Kabupaten Dompu, lembaga DPRD setempat akan segera memanggil pihak Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3).

Sikap respon para legislator tersebut disampikan ketua komisi I DPRD Dompu, Ir Muttakun. Dikatakan, pihaknya atas nama lembaga perwakilan rakyat sangat serius menyikapi apa yang menjadi keluhan sejumlah petani. “DPRD melalui gabungan komisi akan segera melaksanakan fungsi pengawasan dengan memanggil pihak KP3,” tandas Muttakun kepada media ini.

Pemanggilan pihak KP3 nantinya bertujuan untuk didengarkan pendapat dan penjelasan serta tanggung jawab terkait fungsi dan kinerja selama ini dalam mengawasi distribusi pupuk.

Diakui Muttakun, eksekutif dan legislatif memiliki tanggung jawab yang sama atas terjadinya kelangkaan dan melambungnya harga pupuk subsidi ditingkat petani. “Persoalan ini harus cepat disikapi. Harus segera dicarikan solusi. Makanya KP3 kami panggil dalam rapat dengar pendapat (RDP),” tukasnya.

Keluhan sejumlah petani tersebut kata dia, telah sampai ke pihak pimpinan lembaga DPRD Dompu. Agar tidak berlarut-larut pimpinan dewan telah mengagendakan pemanggilan pihak KP3 dan stackholder terkait lainnya. “Insya Allah akan diselesaikan minggu depan,” kata mantan aktifis yang dikenal pedas saat berorasi itu.

Persoalan kelangkaan pupuk kata Muttakun tidak boleh terjadi untuk periode musim tanam berikutnya. Menjadi tugas eksekutif dan legislatif untuk memastikan tersedianya pupuk dalam jumlah cukup, sehingga bisa tersalurkan dengan tepat waktu ke tingkat petani. “Pengawasan ini harus benar-benar dilakukan untuk melindungi para masyarakat dan petani,” pungkas ketua komisi I DPRD Dompu itu. (DB02).

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]