oleh

HBY Serahkan Hibah Lahan Pelabuhan Kilo

DOMPU-Seiring tuntasnya pengurusan sertifikat atas kepemilikan lahan untuk pembangunan pelabuhan nusantara di Kecamatan Kilo, Kamis besok sertifikat lahan pelabuhan akan diserahkan Pemkab Dompu ke pihak Kemenhub.

Proses penyerahan sertifikat tersebut rencannya akan dilakukan oleh Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin, di Jakarta.

Rencana penyerahan sertifikat lahan pelabuhan Kilo itu disampaikan langsung Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan, Kabupaten Dompu, Ir Syarifuddin kepada media ini, Selama (25/02) Pagi tadi.

Sertifikat lahan yang akan dihibahkan Pemkab Dompu ke pemerintah pusat itu seluas 30 hektar. “Insya Allah sertifikat lahan Itu diserahkan langsung pak bupati,” ungkap Ir Syarifuddin, Kadishub Dompu, saat ditemui media ini diruang kerjanya, pagi tadi.

Dengan adanya proses penyerahan sertifikat lahan hibah dari Pemkab Dompu tersebut diharapkan bisa mempercepat proses pembangunan fisik pelabuhan nusantara.

Karena menurut Syarifuddin, sertifikat itu menjadi faktor tersendatnya realisasi pembangunan proyek pelabuhan sejak dua tahun terakhir. “Idealnya pelabuhan sudah mulai dibangun sejak 2018 Dan 2019 lalu. Tapi sertifikat baru tuntas akhir tahun kemarin,” katanya.

Sebagai langkah awal persiapan pembangunan pelabuhan yang digadang terbesar di wilayah timur Indonesia itu, pemerintah saat ini telah melaksanakan Detail Engineering Desain (DED).
Sementara untuk AMDAL kata Syarifuddin mulai akan dilaksanakan tahun ini oleh pemerintah Provinsi NTB.”Kios anggaran retards, Andalusia Dan fisik bisa dilaksanakan bersamaan,” tuturnya. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]