oleh

Dompu Siaga Darurat Virus Corona

DOMPU-Meskipun sampai hari ini belum ada warga Kabupaten Dompu yang divonis positif terjangkit virus Corona atau Covid 19. Namun, upaya antisipasi lebih awal mulai dilakukan Pemkab Dompu.

Salah satu upaya antisipasi yang dilakukan yakni menetapkan status siaga darurat terhadap kemungkinan munculnya ancaman virus Corona di tengah kehidupan masyarakat diwilayah Bumi Nggahi Rawi Pahu.

Penetapan status siaga darurat tersebut juga sebagai tindaklanjut keputusan pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat. “Sampai hari ini belum ada warga Dompu yang positif terjangkit Covid 19,” tegas Jufri ST, MT selaku ketua Tim Kerja Pencegahan Covid 19 Kabupaten Dompu, Rabu (18/03) tadi.

Dikonfirmasi di posko tim pencegahan Corvid 19, Jufri menjelaskan penetapan status siaga itu adalah sebagai bentuk kesiapsiagaan pemerintah dalam upaya menangkal munculnya ancaman penyebaran virus yang menakutkan tersebut.

Saat ini pula diungkapkan Jufri, tim kerja yang telah dibentuk oleh pemerintah telah mulai bekerja. Di RSU Dompu kini telah disediakan tenda khusus yang bertujuan untuk melakukan pemeriksaan terhadap pasien dengan gejala Ispa.

Ditingkat kecamatan menurut Jufri juga telah dibentuk tim kecil yang bertugas untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pengawasan terhadap adanya warga yang terindikasi terserang Corvid 19. Saya tegaskan kembali, sampai hari ini tidak ada warga Dompu positif Corona. Yang kita lakukan saat ini adalah bentuk kewaspadaan secara bersama,” katanya.

Perihal adanya warga asal Kecamatan Manggelewa yang beberapa hari lalu telah dirujuk ke RSUD Bima, Jufri mengakui bahwa pasien dimaksud kini tengah dalam penanganan pihak medis.

Namun, demikian pihaknya membantah keras jika pasien itu dikatakan positif terjangkit virus Corona. “Belum ada hasil laboratorium, jadi untuk saat ini tidak ada yang positif. Bahkan kondisi yang bersangkutan makin membaik,” tegas Jufri yang juga didampingi anggota tim Rahmat SKM.

Pihaknya menghimbau kepada komponen masyarakat agar bisa lebih bijaksana dalam memahami kondisi dan situasi yang terjadi. Warga diminta tidak mudah panik dan terpancing dengan beredarnya kabar terkait virus Corona. “Hindari interaksi dikeramaian. Tidak perlu panik dan terus tingkatkan kewaspadaan,” pungkas Jufri yang juga Kepala BPBD Dompu itu. (DB02).

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]