oleh

Mungkinkah Dompu Diserang Corona Ber-KW?

DOMPU-Mungkinkan daerah Kabupaten Dompu NTB diserang oleh virus Corona (Covid-19) yang ber-KW?. Pertanyaan ini banyak muncul dibenak publik Nggahi Rawi Pahu yang terus mengamati perkembangan Virus asal Wuhan Cina itu dari waktu ke waktu.

Pandemi Virus Corona sudah masuk bulan ketiga sejak suspek pertama TKW asal Kelurahan Simpasai menjadi viral dimedia sosial. Sejak saat itu kewaspadaan ditingkatkan walau sipasien ternya negatif Corona.

Selanjutnya muncul klaster Gowa dimana sebanyak 139 Jamaah Tabliq mengikuti Ijtima tinggat Asia Tenggawa di Gowa Sulawesi Selatan pada akkhir bulan Maret 2020 lalu. Kelompok ini menjadi sangat rentan terpapar Corona mengingat berkumpul ribuan orang dari berbagai negara yang sudah lebih dulu disinggahi Covid-19.

Hasilnya memang iya, meski para anggota JT dihimbau dan dijaga agar tidak berinteraksi dulu dengan waga lain sepulang dari Gowa, tetap saja mereka terpapar bahkan sebanyak orang dnyatakan positif Covid.

Untungnya Corona yang menyerang anggota JT tidak original lagi seperti di Wuhan China. Dinegara tirai bambu sebagaimana yang dipertontonkan, begitu diserang terlihat menggelepar dan mati.

Sebaliknya yang terjadi di Dompu meski hasil Swab yang dilakukan positif, tetapi para pasienya tidak menujukan gejala apa-apa, batukpun tidak. Bahkan beberapa diantara JT saat dikarantina di RS Pratama Menggelewa sempat menunjukan kesehatan dengan berolahraga berlari-lari kecil dan berhappy ria satu sama lainya.

Warga Dompu patut bersyukur meski daerahnya sudah dalam darurat bencana (Zona Merah) tetapi virus yang menyerang sudah berada pada level KW atau tidak original lagi.

Para ahli juga berpendapat Virus Corona yang menyerang Indonesia sudah merupakan turunan ketiga bahkan turunan keenam. Tetapi penanganan virusnya tetap memakai standar Covid 19 asli. (DB01)

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]