oleh

Salat Idul Fitri Ditiadakan, MUI Dompu Belum Keluarkan Fatwa

DOMPU-Mengingat situasi pandemi Covid 19 yang kini tengah mewabah di seantero dunia. Memaksa sejumlah negara memberlakukan kebijakan pembatasan sosial bersekala besar, termasuk di Indonesia.

Di Indonesia saat ini banyak kebijakan yang dikeluarkan pemerintah terkait upaya pencegahan Covid 19. Dan salah satu kebijakan itu yakni membatasi ruang gerak masyarakat untuk tidak beraktifitas dan berkegiatan dalam kerumuman banyak orang.

Menjelang pelaksanaan sholat idul fitri pada hari raya lebaran tahun ini, pemerintah melalui pihak Kementerian Agama (Kemenag) RI, kini menerbitkan Surat Edaran (SE) nomor 6 tentang panduan ibadah ramadhan dan idul fitri 1 syawal 1441 ditengah Covid 19.

Pada poin ke 8 huruf E, surat edaran yang diterbitkan tanggal 06 April 2020 itu menegaskan pelaksanaan idul fitri yang lazimnya dilaksanakan secara berjamaah baik dimasjid atau dilapangan ditiadakan, untuk itu diterbitkn fatwa MUI menjelang waktunya.

Sehubungan dengan hal tersebut, saat ini muncul tanda-tanya besar dikalangan masyarakat. Apakah hari raya Idul Fitri tahun ini akan dilaksanakan sholat Ied atau tidak sama sekali.

Menanggapi hal tersebut, ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Dompu, Drs H Abdullah Arsyad menyampaikan pihaknya sejauh ini masih menunggu petunjuk MUI pusat dan Provinsi. “Sambil melihat situasi, kita masih menunggu petunjuk dari pusat dan provinsi,” ungkapnya, saat ditemui media ini, Rabu (13/05) tadi di kantor MUI setempat.

Sembari menunggu petunjuk MUI pusat dan Provinsi NTB, pihaknya juga kata Abdulllah Arsyad akan segera berkoordinasi dengan Pemkab Dompu, Kemenag Dompu dan pihak terkait lainnya guna membahas tentang persiapan pelaksanaan sholad Ied ditengah pandemi Covid 19. “Kita segera rapatkan dengan pemerintah daerah. Jadi kita belum bisa mengeluarkan fatwa,” jelasnya.

Pihak MUI Dompu sendiri sangat berharap agar situasi pandemi Covid 19 di Bumi Nggahi Rawi Pahu segera berakhir. Sehingga pelaksanaan ibadah sholat Ied pada hari lebaran tahun ini bisa terlaksana. “Mari kita semua berdoa kepada Allah SWT agar situasi cepat membaik. Semoga wabah ini segera berakhir,” tutur Abdullah Arsyad. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]