oleh

Dompu Sekarang Punya Alat Deteksi Gempa dan Tsunami

DOMPU-Ditengah masa sulit akibat pandemi Corona atau Covid 19, kabar menggembirakan kini menghampiri masyarakat Kabupaten Dompu. Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu telah memiliki alat pendeteksi Gempa dan Tsunami.

Alat bernama Warning Receiver Systim (WRS) itu merupakan bantuan dari BMKG Pusat di Jakarta. Kini alat canggih yang langsung tersambung ke satelit melalui parabola itu dismpan dan ditempatkan di kantor BPBD Dompu.

Selain diclaim mampu mendeteksi terjadinya gempa bumi dan Tsunami secara dini. Alat ini juga bisa membaca dan mengetahui serta menginformasikan kondisi cuaca, kecepatan angin dan curah hujan yang terjadi di wilayah Kabupaten Dompu dan Indonesia secara umum. “Alat WRS ini bantuan BMKG,” ungkap Jufri ST, MT, kepala BPBD Kabupaten Dompu saat dikonfirmasi media ini.

WRS yang menyerupai bentuk ATM dengan layar monitor besar dan pada saat difungsikan alat tersebut akan menampilkan gambaran kondisi cuaca dan informasi BMKG lainnya. “Layar ini akan cepat memberikan informasi karena ada parabola penangkapnya,” jelas Jufri.

Alat tersebut kini langsung ditempatkan di Kantor BPBD Dompu dan langsung dioperasikan. Sistym kerjanya real time yakni secara otomatis akan cepat memberikan petunjuk informasi terjadinya bencana gempa dan tsunami. “Semoga hadirnya alat ini bisa membantu kita dalam pencegahan bencana alam secara tepat, dan penuh tanggap,” tutur Bang Jeff sapaan pejabat bertai lalat dan berkacamata itu. (DB0

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]