oleh

KPU Dompu Lantik Ratusan PPS

 

DOMPU-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu Senin (15/06) pagi tadi secara resmi melantik dan mengambil sumpah anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Pelantikan dan pengambilan sumpah 243 orang anggota PPS dilakukan langsung ketua KPU Dompu, Drs Arifuddin.

Prosesi pelantikan ratusan anggota PPS berlangsung di gedung Samakai Dompu. Kegiatan itu juga dihadiri Bupati, Ketua DPRD, Ketua Bawaslu, Dandim, Kapolres dan Kajari Dompu.

Ratusan anggota PPS berseragam hitam putih tersebut diwajibkan mengikuti kepatuhan terhadap protokol kesehatan penanganan Covid 19 yakni duduk berjarak dan menggunakan masker.

Anggota PPS yang dilantik di gedung Samakai tadi berasal dari empat kecamatan yakni Dompu, Pajo, Hu,u dan Kecamatan Woja.

Karena mengingat situasi pandemi Covid 19 saat ini, pihak KPU terpaksa melakukan pelantikan PPS secara berjenjang dengan membagi 5 zona oada setiap wilayah kecamatan. Meski demikian, proses pelantikan tetap dilaksanakan pada hari yang sama. “Keselamatan diatas segalanya. Keselamatan petugas penyelenggara, peserta Pilkada dan masyarakat umum wajib kita perhatikan bersama. Maka pelantikan PPS tidak bisa dilaksanakan dalam satu tempat,” kata ketua KPU Dompu, Drs Arifuddin dalam sambuntanya.

Karena situasi pandemi Covid 19, Arifuddin mengaku beberapa tahapan pilkada telah mengalami penundaan. Kondisi tersebut harus bisa dimaklumi suatu kebijakan strategis yang bertujuan untuk kepentingan bersama dalam menciptakan pilkada aman terkendali. “Nanti untuk setiap rapat pleno pesertanya akan kita batasi. Jadi berbeda dengan sebelumnya setiap pleno dihadiri banyak orang,” jelasnya.

Arifuddin menyampaikan ucapan terima kasih terhadap bupati dan jajaran Pemkab Dompu atas bantuan dan kerjasama memfasilitasi sehingga proses pelantikan anggota PPS di wilayah Kabupaten Dompu akhirnya bisa terlaksana. “Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah untuk bantuan APD masker dan itu semua cukup membantu,” tutur ketua KPU.

Sementara itu Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada anggota PPS yang telah resmi dilantik. “Selamat, semoga bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik dan benar,” katanya.

Pihak pemerintah kata Bambang akan selalu siap sedia dalam hal membantu dan bekerjasama dengan pihak penyelenggara pemilu.

Bahkan nantinya menurut bupati para petugas penyelenggara pilkada akan dilakukan Rapidtes terlebih dahulu. Dengan tujuan untuk memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh petugas penyelenggara pemilu. “Prinsipnya, pemkab siap back up dan memfasilitasi apa yang dibutuhkan sehingga Pilkada bisa berjalan dengan baik,” kata H Bambng M Yasin. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]