oleh

UPTD dan BPP Distanbun Woja Kawal Distribusi Benih Padi

DOMPU-Kegiatan pendistribusian bantuan benih padi ke sejumlah kelompok tani (Koptan) di Kecamatan Woja diawasi langsung oleh pihak UPTD dan petugas BPP.

Pihak UPTD Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) dan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Woja, saat ini tengah mempersiapkan diri dalam melakukan pengawasan terhadap kegiatan pendistribusian atau penyaluran bantuan benih padi ke sejumlah kelompok tani.

Tahun ini, pemerintah melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Provinsi NTB akan mendistribusikan bantuan benih padi kepada sejumlah kelompok tani, salah satunya dengan Kecamatan Woja.

Dan untuk Kecamatan Woja, terdapat sebanyak 71 kelompok tani yang akan mendapatkan bantuan dimaksud.
Sejumlah Koptan tersebut menyebar di beberapa desa dan kelurahan. “Ini persiapan tanam MH tahun ini,” kata Edison HD, SH, kepala UPTD Distanbun Kecamatan Woja, Rabu (15/07) pagi tadi.

Ditemani koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Woja, Sudirman.
Edyson memaparkan untuk tahun ini daerah binaannya mendapatkan alokasi bantuan benih sebanyak 43.750 kilo gram dengan luas lahan 1.750 hektar. “Bantuan akan diterima 71 koptan,” paparnya.

Meskipun kegiatan itu murni menjadi kewenangan pihak Bidang Tanaman (TP), Distanbun Provinsi NTB. Namun, sebagai pihak yang bertanggung jawab di tingkat kecamatan. UPTD Distan Woja dan BPP menurut Edyson harus terlibat secara aktif terutama dalam hal fungsi pengawasan. “Sifatnya kita hanya pengawasan distribusi ditingkat lapangan,” katanya.

Koordinator BPP, Kecamatan Woja, Sudirman menambahkan, kelompok tani yang berhak mendapatkan bantuan Benih padi tersebut lebih diprioritaskan pada wilayah yang berada pada daerah irigasi teknis. “Nilai yang diterima itu 25 kilo perhektar. Tapi bervaritif juga tergantung besaran luasan,” tuturnya.

Segala bentuk persiapan bahan administrasi dan dokumen terhadap kelompok penerima telah rampung dipegang pihak UPTD dan BPP Woja.

Direncanakan, bantuan benih padi yang didistribusikan oleh CV. Mahabbah Jaya sebagai pemenang tender itu akan mulai disalurkan, Kamis (16/07) besok. “Distribusi nanti langsung ke titik bagi. Besok pagi mulai dibagikan,” ujar Sudirman. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]