oleh

Jelang Pilkada Dukcapil Gencar Lakukan Perekaman Kependudukan

DOMPU-Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak Desember 2020 Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Dompu kini gencar melakukan perekaman E-KTP dan penertiban administrasi kependudukan lainya.

Kadis Dukcapil Dompu Dra Ratnasari menyatakan sesuai dengan surat KPUD berdasarkan hasil coklistnya yang ditujukan kepada Bupati Dompu ada sekitar 4.000 penduduk yang masih perlu ditertibkan, terutama 25 desa hasil pemekaran.

Sebab dalam data kependudukan meski desa pemekaran sudah definitif tetapi penduduknya tetap tercatat di desa induk. ”Ini yang terus kami tertibkan,” papar Ratnasari.

Untuk mempercepat proses penertiban pihaknya memakai sistem jemput bola dimana petugas langsung melayani di desa masing-masing. Selain melakukan penertiban dengan memindahkan data penduduk dari asal kedesa pemekaran sekaligus melayani perekaman E-KTP serta pembuatan kartu keluarga (KK).

Petugas Dukcapil tengah merekam E-KTP warga

Dijelaskan, pelayanan di desa ternyata tidak seperti yang dibayangkan, penduduk yang minta dilayani cukup antusias sehingga petugas kewalahan melayaninya. Untuk mengakomodirnya petugas memperioritaskan perekaman, sementara pemindahan data penduduk bisa diselesaikan dikantor dinas dengan mengumpulkan datan penduduk dimasing-masing.

”Petugas kami betul-betul kewalahan melayani masyarakat,” terangnya.

Warga tengah antri perekaman E-KTP

Sementara perekaman E-KTP 7yang dominan dilayani adalah mereka yang sudah cukup umur dan memenuhi syarat untuk dibuatkan KTP. (DB01)

 

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]