oleh

Akad Nikah Berstandar Covid 19 di Dompu

 

DOMPU-Meski ditengah pandemi Covid 19 yang masih berkecamuk semangat masyarakat di Kabupaten Dompu untuk menggelar hajatan tak pernah surut, tiap hari ada saja yang kawin, sunat/khitan dan semacamnya. Kerumunan massa tentu tak bisa dihindari apalagi dalam hajatan itu diiringi musik dengan penyanyi aduhainya.
 

Desa Matua Kecamatan Woja Dompu NTB adalah salah satu desa yang tetap memberikan ijin hajatan untuk masyarakat, tetapi syaratnya tetap mengikuti protokol kesehatan Covid 19.

Seperti malam minggu 17/10 warga menggelar hajatan Akad Nikah di Dusun Selaparang, hadir pejabat KUA, Kades Matua dan ratusan undangan.

Kades Matua Syam Firdaus menekankan agar warga menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan bila hajatan seperti itu. Praktis akad nikah pasangan Farid dan Syarah berlangsung dalam suasana protokol kesehatan dengan undangan yang memakai masker.

Kedua mempelai, wali, petugas KUA, petugas khutbah nikah serta lain-lain memakai masker, meski begitu penyerahan dan penerimaan akad nikah berlangsung lancar dan aman.

Kades Matua Syam Firdaus mempersilahkan warganya untuk menggelar hajatan, hanya saja harus mematuhi protokol kesehatan covid 19. ‘’Karena pandemi Covid 19 belum berakhir,’’ tuturnya.

Malah Syam Firdaus menyarankan agar bila hajatan bisa ditunda maka sebaiknya diundur hingga tiba masa aman. Sebab bila hajatan berlangsung maka kerumunan massa, jarak yang berdekatan tak bisa dihindari.

Sementara Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH,SIK mengapresiasi cara pihak desa dan warga masyarakat yang menggelar hajatan dengan tetap memperhatikan protokol Covid. ”Kita salut dengan kegiatan yang tetap memperhatikan protokol Covid 19,” ungkap Kapolres.

Menurutnya pada setiap kesempatan pihaknya selalu menekankan pentingnya menjaga diri ditengah Covid 19, terutama memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jaran.(DB01)

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]