oleh

Angin Puting Beliung Hantam Puluhan Rumah Warga di Tiga Desa

 

DOMPU-Cuaca extrem kini mulai melanda wilayah Kabupaten Dompu. Minggu (22/11) siang tadi hujan deras disertai angin kencang terjadi hampir merata di Bumi Nggahi Rawi Pahu.

Hujan deras dengan terpaan angin kencang memporak porandakan puluhan rumah warga di tiga desa yakni di wilayah Kecamatan Manggelewa.

Tiga desa yang menjadi korban amukan angin puting beliung tersebut yakni Desa Lanci Jaya, Sukadamai dan Doromelo.

Puluhan rumah yang ada di tiga desa itu saat ini telah mengalami kerusakan. Umumnya kerusakan yang terjadi pada bagian atap.

Rata-rata bangunan rumah warga yang rusak atapnya menggunakan bahan material berupa Seng. Angin ribut juga menyebabkan adanya korban luka sebanyak 6 orang.

Pihak BPBD Dompu langsung turun meninjau lokasi kejadian. Bersama aparat TNI dan Polri, pihak BPBD langsung melaksanakan upaya tanggap darurat seperti membersihkan rumah para korban angin puting beliung.

Sejumlah bantuan tanggap darurat juga langsung diberikan pihak BPBD kesejumlah korban. “Tenda darurat sudah disiapkan. Bantuan terpal, selimut dan keperluan bayi sudah kita serahkan,” ungkap Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Dompu, Jufrin ST, saat dikonfirmasi media ini.

Berdasarkan data yang ada, jumlah rumah yang mengalami kerusakan itu yakni 11 rumah di Desa Sukadamai, 5 rumah dinas Doromelo dan 35 Desa Lanci Jaya. “Rincian detail tingkat kerusakan masih didata,” ujarnya.

Untuk 6 orang warga yang menjadi korban luka, menurut Jufri pasca kejadian sudah langsung ditangani oleh pihak Puskesmas Sori Utu. “Nilai kerugian belum diketahui, semua harus dalam rincian,” tuturnya Jufrin. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]