oleh

Geliat Wisata Gunung Tambora Ditengah Pandemi Covid 19

Semakin Diminati, Jelang Tahun Baru Banyak Tamu Batalkan Kunjungannya

Ancaman virus Covid 19 terus menghantui. Saat ini pula dunia kembali digegerkan dengan adanya temuan para ahli tentang varian baru pada virus Corona. Hal ini pun memaksa pemerintah untuk bekerja ekstra dalam melakukan upaya pencegahan.

IMADUDDIN, DOMPU, NTB

Akibat ancaman virus Corona banyak sektor kehidupan masyarakat yang telah berdampak. Salah satunya yakni dibidang pariwisata.

Sejak Covid 19 melanda di awal tahun 2019 lalu. Dunia pariwisata mendadak mati suri, hal itu pun berlaku di Kabupaten Dompu.

Salah satu objek wisata andalan di Dompu yakni pantai Lakey hingga kini sepi dari aktifitas kunjungan wisatawan.

Untuk kegiatan wisata gunung di kawasan Taman Nasional Tambora juga merasakan dampak yang sama. Padahal keindahan gunung yang menggeggerkan dunia akibat letusan hebat tahun 1815 itu saat ini mulai diminati wisatawan.

Adanya kebijakan pemerintah membuka akses kunjungan ke Tambora pada akhir rahun 2019 lalu, memberi sedikit harapan bagi para pecinta advunture untuk datang berkunjung ke Tambora.

Empat jalur pendakian yakni jalur Doro Ncanga, Pancasila, Kawinda Toi dan Piong diberikan ijin dibuka untuk umum meski dengan memperketat prtokol kesehatan bagi setiap tamu. Demimian juga diterapkan di objek wisata air terjun oi marai.

Walau harus melalui standar Prokes pencegahan Covid 19. Saat itu banyak wisatawan yang datang berkunjung dan mendaki ke gunung Tambora, terutama di akhir pekan dan libur perayaan hari besar.

Namun saat ini, menjelang perayaan tahun baru. Kawasan Taman Nasional Tambora kembali ditutup sementara waktu.

Pemerintah Kabuoaten Dompu telah menetbitkan surat edaran dan himbauan perihal penutupan askes kunjungan ke lokasi wiasata, cafe dan tempat hiburan lainnya.

Menindaklanjuti adanya himbauan dan surat edaran Bupati Dompu tersebut. Pihak Balai Taman Nasional (BTN) Tambora langsung melakukan action dilapangan.

Pagi ini Rabu 30 Desember, pihak BTN Tambora mulai melakukan penutupan terhadap semua akses wisata di kawasan Taman Nasional Tambora.

Empat jalur pendakian yakni jalur Doro Ncanga, Pancasila, Kawinda Toi dan Piong hari ini mulai ditutup. Demikian pula dengan objek wisata pemandian air terjun Oi Marai. “Rencana kami tutup mulai hari ini sampai beberapa hari ke depan,” ungkap Kepala Balai Taman Nasional Tambora, Yunaidi S.Si saat dikonfirmasi media ini, Rabu pagi tadi.

Penutupan akses wisata Tambora ini berdampak pada kekecewaan sejumlah tamu dan wisatawan. Padahal jauh hari mereka telah menjadwalkan pendakian ke gunung Tambora. “Banyak tamu yang terpaksa batalkan rencana ke Tambora. Ada yang dari medan dan dan Jawa mau datang naik, tiba-tiba kecewa karena pendakian tutup,” tutur Eko salah seorang Guide di gunung Tambora.

Para pemandu gunung ini berharap agar situasi cepat membaik sehingga kunjungan wisata di Tambora bisa kembali normal. (*)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]