oleh

Implementasi Sistem Pendidikan Modern Indonesia

 

Oleh Alwi Hilir S.Kom.M.Pd

Implementasi Sistem Pendidikan Modern di Indonesia. Pendidikan dan masyarakat merupakan dua hal yang tak dapat dipisahkan. Pendidikan membangun masyarakat sebagai sebuah kesatuan yang menganut nilai-nilai tertentu. Dengan pendidikan, masyarakat menjadi lebih bermartabat dan terhormat.

Masyarakat juga akan lebih mampu mengikuti perkembangan jaman yang terus mengarah ke masa depan. Pendidikan juga tidak bisa lepas dari sekolah yang menjadi tempat paling umum untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan. Meskipun pendidikan tidak hanya ada di sekolah, namun di sanalah proses belajar terjadi.

Ada guru sebagai pengajar dan ada murid sebagai pembelajar. Di antara keduanya terjadi interaksi dalam waktu yang lama dengan tujuan menyalurkan ilmu. Hingga pada akhirnya murid menjadi orang-orang yang lebih berwawasan dan siap menghadapi tantangan di masyarakat.

Pendidikan di Indonesia terus mengalami perkembangan. Perubahan demi perubahan dilakukan untuk tujuan memajukan pendidikan dan mencetak generasi bangsa yang lebih baik. Berbagai sistem diterapkan hingga sekarang ada sistem pendidikan modern yang tengah menjadi fokus utama.

Pendidikan modern terus digalakkan karena sekarang dunia termasuk Indonesia tengah memasuki era modern. Banyak cara hidup tradisional mulai ditinggalkan dan diganti dengan kehidupan modern dengan cara baru.Salah satu wujud perkembangan di era modern adalah semakin canggihnya teknologi. Teknologi ini juga yang sekarang menjadi bagian tak terpisahkan dari pendidikan.

Pendidikan formal terutama, memanfaatkan teknologi di hampir semua kegiatan. Hal ini dilakukan agar pendidikan di Indonesia bisa mengikuti perkembangan terbaru dan tidak ketinggalan zaman. Baik guru maupun murid dituntut bisa mengikuti perkembangan teknologi untuk pendidikan yang lebih baik.

Salah satu penerapan nyata sistem pendidikan modern di Indonesia adalah penggunaan internet. Lingkup penggunaan internet dalam pendidikan sangat luas. Tahap awal pendidikan yaitu penerimaan murid baru di awal tahun ajaran sekarang bisa dilakukan dengan mengisi formulir secara online.

Visi dan misi lembaga pendidikan, kegiatan lembaga tersebut, informasi pendaftaran dan pengumuman hasil bisa dilihat dari berita di situs sekolah.Sekarang tidak hanya buku yang menjadi satu-satunya sumber belajar murid dan pegangan guru.

Murid dan guru bisa memanfaatkan internet untuk memperkaya wawasan dan melengkapi informasi dari buku. Internet membuat pengetahuan jadi terbuka luas dan tak terbatas. Internet juga membuat murid lebih mandiri dan kreatif karena mampu memperoleh materi pelajaran tambahan dan menemukan ide baru dengan usaha sendiri.

Penerapan lain yang sekarang mulai dilakukan adalah ujian secara online. Ujian untuk penilaian semester maupun akhir menggunakan sistem online yang berbasis jaringan internet. Dalam ujian, murid akan berhadapan dengan komputer dan harus mengoperasikannya untuk menyelesaikan soal-soal.

Ujian dengan cara baru ini sudah mulai diterapkan pada jenjang sekolah dasar. Sistem terbaru ini membawa pengalaman baru bagi siswa dan lebih memudahkan guru karena penilaian akan dilakukan secara otomatis.Tak hanya dalam hal belajar dan sistem penilaian, hasil penilaian siswa sekarang ini juga dituangkan dalam bentuk yang lebih modern.

Jika dulu, guru harus mengisi buku laporan kegiatan siswa dengan cara manual, maka sekarang cara itu sudah banyak ditinggalkan. Guru tetap harus mengisi buku laporan siswa tapi dengan cara yang lebih mudah dan cepat. Guru memasukkan hasil penilaian pada data siswa secara online dan akan tercetak secara otomatis.

Sistem pendidikan modern di Indonesia akan terus berkembang. Jika saat ini internet menjadi media paling baru di dunia internet, bukan tidak mungkin selanjutnya akan muncul teknologi baru yang lebih canggih. Penerapan yang mengikuti tren ini dilakukan untuk pendidikan Indonesia yang harus semakin maju dan berkembangZaman saat ini merupakan zamannya teknologi berkembang dengan sangat pesat. Semua aspek kehidupan manusia telah tersentuh oleh teknologi.

Kecanggihan teknologi membuat hidup manusia semakin mudah, cepat dan tak terbatas. Lihat saja bagaimana cara manusia masa kini memenuhi kebutuhannya! Mereka sangat bergantung pada teknologi dengan memanfaatkannya untuk belanja online, mencari ide melalui internet bahkan memesan makanan dengan cara instan.

Tak terkecuali di dunia pendidikan, teknologi juga telah membawa pengaruh sangat besar. Itu mengakibatkan semua pihak yang terlibat di pendidikan harus mengikuti perkembangan teknologi. Guru dituntut memperbarui pengetahuannya agar sesuai dengan tren zaman.

Siswa juga dituntut mandiri dengan model pembelajar yang lebih modern. Inilah bukti lain bahwa teknologi telah benar-benar masuk dalam duniapendidikan.semakin tingginya tuntutan zaman, profesionalitas pendidik juga semakin meningkat. pendidik terus diberi kesempatan untuk memperdalam ilmu. pendidik juga dibekali pengetahuan-pengetahuan baru tentang perkembangan dunia pendidikan.

Bahkan sekarang banyak universitas yang membuka jurusan keguruan dengan fokus terhadap penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, pendidikan karakter dan seni.Bukti masuknya teknologi dalam pendidikan telah mengubah wajah pendidikan menjadi lebih modern. pendidik dipersiapkan untuk bisa menghadapi tuntutan zaman. Setelahnya pendidik juga mempersiapkan anak didiknya untuk mampu bersaing di masa depan. Dengan masuknya teknologi dalam pendidikan diharapkan bisa mencetak generasi yang lebih tangguh dan percaya diri. (*)

Penulis adalah alumni sekolah pascasarjana Universitas Islam “45” Bekasi.

 

 

 

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]

News Feed