oleh

Rencana MXGP di Pulau Sumbawa, Gubernur Pikirkan Tampung 300 Ribu Orang

 

DOMPU-Rencana besar Gubernur NTB, Zulkieflimansyah menggelar seri MXGP di pulau Sumbawa terus mengemuka.

Ajang balap motor internasional itu pada tahun 2022 nanti diagendakan akan dilaksanakan di Indonesia. Dan berdasarkan kalender yang dirilis MXGP sudah tertera dua tempat yakni Jakarta dan Semarang sebagai lokasi pelaksanaan.

Meski demikian, hal itu tidak menutup kemungkinan akan bisa dilaksanakan didaerah lainnya di Indonesia.

Kondisi itu pun saat ini menjadi motivasi Gubernur NTB, Zulkieflimansyah untuk bisa mengambil kesempatan menggelar event motorcros bertaraf dunia di daerah yang dipimpinnya.

Baru-baru ini pula, ide Gubernur NTB telah berhasil dengan sukses menjadikan Kuta Mandalika, Lombok Tengah sebagai tuan rumah penyelenggaraan even otomotif Grand Prix (GP) 2021. “Lombok kemarin sudah. Insya Allah tahun depan kita rencanakan gelar MXGP di pulau Sumbawa,” ungkap Gubernur kepada wartawan usai bertatap muka dengan peaku wisata di kawasan Lakey, Minggu kemarin.

Menurut Gubernur, terkait adanya rencana itu pihaknya telah melakukan berbagai upaya pendekatan dengan para pembesar MXGP dan Federasi Internasional Motorcycle (FIM).

Dengan demikian, Gubernur mulai saat ini secara intensif melakukan persiapan salah satunya membentuk tim untuk melakukan survey kelayakan terhadap pilihan lokasi yang akan digunakan nantinya. “Nanti ada tim yang turun survey. Lokasinya dimana yang tepat nanti dilihat dulu,” katanya.

Untuk di pulau Sumbawa. Gubernur sendiri telah mengantongi beberapa alternatif lokasi diantaranya Moyo dan Padang Savana Doroncanga Tambora.

Terhadap lokasi ini, pihaknya kata Zulkieflimansyah harus bekerja extra memikirkan tempat singgah dan hotel yang akan digunakan untuk para pengunjung.

Persoalan sarana penunjang untuk mendukung distribusi logistik dan peralatan yang dibutuhkan para pembalap maupun tim nya, juga menjadi hal penting yang harus dipikirkan. “Logistik nya mendarat dimana. Ada tiga ratus ribu orang hadir, mau kita tempatkan dimana. Itu yang terus kita pikirkan,” papar Gubernur yang juga pemilik James Bon kuda pacu juara di NTB itu.

Pihaknya berharap adanya dukungan penuh dari masyarakat terkait rencana tersebut sehingga pada sekitar bulan Juni nanti MXGP bisa terselenggara di NTB. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]