oleh

Berhasil Bebas Malaria, Bupati Dompu Raih Penghargaan WHO

 

DOMPU-Selama ini Kabupaten Dompu terkenal sebagai salah satu daerah endemi penyakit Malaria. Dan pada tahun ini, status itu mulai tidak berlaku.

Pasalnya. Diakhir bulan ini atau tepatnya tanggal 30 Mei, pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan mengumumkan sejumlah daerah di Indonesia yang dinilai telah berhasil bebas dari jeratan kasus penyakit Malaria.

Dan salah satu daerah yang berhasil itu Kabupaten Dompu. Atas keberhasilan tersebut, Bupati Dompu Abdul Kader Jaelani (AKJ) akan mendapatkan penghargaan dari organisasi kesehatan dunia atau World Healt Organizasion (WHO). “Akhir Mei bapak Bupati akan terima langsung penghargaan internasional dari WHO ,” ungkap Maman SKM, Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu, Senin (23/5) siang tadi.

Prosesi penyerahan penghargaan itu menurut Maman akan dilaksanakan di kawasan wisata Mandalika, Lombok Tengah (Loteng). Dan penghargaan oleh WHO tersebut akan diserahkan pemerintah pusat melalui Menteri Kesehatan (Kemenkes). “Kami sudah konfirmasi balik panitia atas kesiapan pak Bupati menerima penghargaan,” tutur Maman.

Dijelaskan, indikator keberhasilan suatu daerah dalam melakukan program eliminasi Malaria yakni angka kasus kurang dari satu orang perseribu penduduk. Terutama tidak ada terjadinya penularan daerah setempat.

Indikator ini berdasarkan hasil penelitian lebih lanjut yang dilakukan tim ahli epidemiologi Kemenkes RI, November 2021 lalu. “Sudah Zero (Nol Kasus, Red). Jikapun ada itu kasus impor artinya pasien ada kontak dari luar daerah,” jelas Kadikes.

Wilayah Kecamatan di Kabupaten Dompu yang selama ini terkenal sebagai daerah endemi Malaria yakni Kecamatan Pekat, Kilo dan Hu,u. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]