oleh

Andalkan Sektor Pertanian, Bupati Dompu Tak Khawatir Ancaman Resesi Global

DOMPU-Pemerintah Kabupaten Dompu NTB  menyatakan tak khawatir terhadap ancaman resesi global yang melanda dunia termasuk Indonesia ditahun 2013 mendatang.

Sebagai daerah yang mengandalkan sektor pertanian, Bupati Dompu H Kader Jaelani meyakini akan mampu bertahan terhadap ancaman krisis yang melanda.

“Sebagai negara agraris, selama urusan pertanian dan urusan peternakan tetap  berjalan programnya, insyaallah kita tetap siap menghadapi apapun (ancamannya),” ujar Bupati Dompu meyakinkan saat ditanya tentang anacama resesi ekonomi global Kader Jaelani kepada wartawan di Dompu, Jumat (28/10) lalu

Kondisi ini tidak lepas dari Kabupaten Dompu yang sangat berpengaruh oleh sektor pertanian. Bahkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) kabupaten Dompu, sekitar 40 persen ditentukan oleh sektor pertanian secara umum.

Apalagi ancaman resesi ekonomi global tahun 2023 terkait ancaman kekurangan pangan dan Kabupaten Dompu menjadi salah satu daerah penyandang pangan nasional untuk komoditi padi/beras, jagung, daging dan komoditi pertanian lainnya.

Menyadari itu, Pemda Dompu pada APBD tahun 2023 akan fokus pada peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui intervensi di sektor pertanian, peternakan, dan perikanan. Ketiga sub sektor pertanian ini juga menjadi komoditi unggulan daerah Kabupaten Dompu yaitu Jagung, Porang, Padi, Sapi, dan Ikan (Jara Pasaka). (Adv)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]