oleh

Siap Hadapi Bencana, Bupati Dompu Pimpin Apel Siaga

DOMPU-Bencana tak tahu kapan akan datang, tetapi pemerintah Kabupaten Dompu beserta segenap jajaranya  siap menghadapinya. Karena itu dalam kesiap-siapan itu Bupati Dompu H Abdul Kader Jaenali memimpin apel kasiagaan bencana dilapangan Beringin Pebndopo Dompu.

dalam amanatnya Bupati Dompu H Kader Jaelani menyampaikan pentingnya mitigasi dan pertisipasi masyarakat dalam  penanggulangan bencana. Karena itu kata Bupati momen apel tersebut disampaikan harapan agar seluruh elemen masyarakat bersinergi menunjukan partisipasi dalam penanggulangan bencana.

“Mulai dari Jajaran Forkopimda, Ormas, Relawan, Wirausaha, dan Tenaga Kesehatan serta lainnya agar terus meningkatkan jalinan komunikasi demi terciptanya pola koordinasi yang baik, berikutnya hal tersebut harus di prioritaskan agar tercapai kesiapsiagaan dan manajemen penanggulangan bencana yang optimal,” tuturnya.

Menurut Bupati AKJ pelaksanaan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana dapat menjadi sarana untuk meningkatkan koordinasi dan sinergisitas semua elemen dalam menghadapi potensi bencana, saya yakin semua pihak tentunya telah memahami tugas pokok dan fungsi masing-masing tinggal bagaimana dapat mempererat kerjasama dan komunikasi secara aktif agar implementasi dilapangan dapat berjalan dengan baik.

“Terkait dengan harapan yang telah disebutkan, saya minta kepada semua pihak untuk dapat mensosialisasikan secara luas kepada seluruh masyarakat tentang mitigasi kebencanaan secara berkelanjutan sehingga masyarakat dapat terlibat secara aktif dalam proses antisipasi maupun penanggulangan saat terjadinya bencana, apalagi di daerah ini telah terbentuk desa tangguh bencana sebanyak 34 desa dari 81 desa dan kelurahan di Kabupaten Dompu,” terang Bupati mengapresiasi kepada semua pihak atas terselenggaranya apel yang digelar.

“Saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik atas terlaksananya apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana ini sebagai bentuk tanggungjawab dan kepedulian atas bahaya bencana, mengingat tingkat curah hujan yang sudah tinggi karena pada saat ini kita sudah mulai memasuki fase pengalihan musim dari musim kemarau ke musim hujan atau disebut musim pancaroba,” tegasnya.

Bupati juga menyampaikan, untuk mengantisipasi keadaan bencana diminta kepada Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Dompu, agar lebih siap dalam penanganan bencana, upaya monitoring kondisi lapangan perlu terus dilakukan setiap saat dan siap siaga seluruh peralatan keselamatan dan meminta masyarakat bersikap waspada terhadap kemungkinan munculnya bencana berupa banjir tanah longsor, angin puting beliung dan lain-lain.

Sementara itu, bahwa pelaksanaan apel kesiapsiagaan bencana alam tingkat Kabupaten Dompu Tahun 2022 berlangsung aman, tertib dan lancar yang dilanjutkan dengan pengecekan kesiapan dan kemantapan pasukan dan peralatan yang akan dipergunakan dalam kegiatan penanggulangan bencana alam yang dipimpin Bupati Dompu, diikuti Wakil Bupati Dompu, Kapolres Dompu, Dandim 1614/Dompu dan unsur terkait lainnya. (Adv)

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]