oleh

Atlet Pelatkab Dompu Jalani Tes VO2Max

DOMPU-Setelah resmi melaunching program pemusatan latihan kabupaten (Pelatkab). KONI DOMPU kini mulai melakukan tes kebugaran terhadap atlet binaannya.

Kegiatan tes kebugaran atau V02Max dipusatkan di GOR Manuru Kupa, Dompu. Sejumlah atlet hasil seleksi akan mengikuti program tersebut.

Sebanyak 34 Cabor akan menyiapkan atletnya untuk menjalani tes fisik yang digelar selama dua hari itu.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu bentuk persiapan atlet binaan KONI Dompu menjelang pelaksanaan Porprov NTB, Maret 2023 nanti.

Para pengurus KONI Dompu tampak cukup bersemangat memantau secara langsung jalannya kegiatan VO2Max.

Tim medis secara khusus melakukan pemeriksaan terhadap hasil tes kebugaran jasmaninya yang dijalani para atlet. “Ini untuk memastikan kebugaran jasmani atlet kita dalam keadaan proporsional,” ungkap Iwan Ermansyah SPd, selaku ketua Pelatkab disela-sela kegiatan.

Dalam metode penilaian tes kebugaran jasmani para atlet. Pihak KONI menggunakan sistem Bleep test yakni mengetahui tingkat VO2Max atlet terukur secara akademis. “Hasil tes ini menjadi acuan Cabor untuk menyiapkan atletnya,” tutur Iwan.

Tes kebugaran semacam ini tidak hanya diikuti oleh atlet yang mengikuti Pelatkab. Tapi menurut Iwan juga akan berlaku sama bagi sejumlah atlet lainnya yang saat ini tengah menjalani program pemusatan latihan di provinsi. “Nanti akan ada jadwal kemudian,” katanya.

Berdasarkan hasil teknikal handbox (THN, Red) pihaknya kata Iwan telah mendapatkan jadwal entry by name untuk memastikan atlet yang dipertandingkan sesuai kelas dan nomor yang dilombakan.

Pada gelaran Porprov nanti, kontingan Kabupaten Dompu akan menurunkan atlet sebanyak 414 orang. (DB02*)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]