Panjat Pinang Meriahkan HUT Dompu

168

Panjang pinang (ne’e fu’u U’a) memeriahkan HUT Dompu yang ke 197 rabu 11 april 2012 ini, tidak tanggung-tanggung panitia menancap sebanyak 15 pohon pinang dengan berbagai hadiah menarik, mulai dari sepeda motor, sepeda, tv, uang dan lain-lain, saking meriahnya mata pengunjung semua tertuju kepada 15 pohon yang telah dilumuri dengan bahan pelicin oli.

HUT tahun ini terasa lain dengan tahun-tahun sebelumnya, itu karena panitia menyediakan hadiah yang cukup wah melalui budaya panjat pinang, ratusan anak-anak, remaja bahkan orang tua mengadu kekuatan untuk memanjat pohon yang termat licin, sesekali diantara mereka harus saling tendang dan tarik untuk mencapai posisi puncak.

Pantuan dilapangan memang sangat susah untuk mencapai puncak yang banyak menyediakan hadiah itu, mereka harus mencoba 4 sampai 10 kali karena langkah awal harus membersihkan bahan pelicin yang siap menghadang mereka. Tidak itu saja beebrapa orang yang hampir sampai dipuncak terpaksa melorot kembali karena ditarik oleh yang dibawah.

Aksi para pemanjat pinang menjadi tontotan yang sangat menarik bagi ratusan warga Dompu yang menyaksikanya, bagi yang berhasil naik kepucuk itu benar-benar mereka yang memiliki kekuatan dengan stamina yang mantap, sebab bagi yang tidak memiliki stamina jangan harap bisa sampai kepuncak, karena selain harus berhadapan dengan pohon yang licin dia juga harus bertahan dengan tendangan dan tarikan lawan-lawanya.

{gallery}panjatpinang{/gallery}

Komentar