Upacara HUT Dompu Minta Di Lereng Tambora

147

Kabupaten Dompu sebentar lagi akan mempreringati HUT yang jatuh pada setiap 11 april, tanggal itu bertepatan dengan meletusnya gunung tertinggi di Pulau Sumbawa yaitu gunung Tambora. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Dompu menghadapi HUTnya.

Sejumlah warga dilereng Gunung Tambora ternyata bercita-cita Pemkab Dompu menggelar HUT yang dipusatkan disekitar lereng gunung tambora, karena momentum 11 april tidak saja menjadi sejarah kelam warga Dompu tetapi menjadi sejarah bagi peradaban dunia. Letusan Tambora 1815 adalah bencana yang terdadsyad didunia, jutaan manusia diseluruh dunia tewas, iklim di Eropa berubah, abu vulkaniknya mempengaruhi iklim dunia.

”Kita minta Pemkab Dompu dapat memusatkan upacara HUT Dompu disemenanjung Tambora, dan pasti akan menjadi sejarah lagi,” pinta M Saleh warga Doro Peti pada DB kemarin. Menurutnya pelaksanaan HUT disekitar Tambora akan menjadi motivasi bagi warga disekitar itu dan tentu saja akan menjadi perhatian dunia.

Tambora meletus tahun 1815, selama itu pula gunung yang menyimpan sejuta misteri itu tertidur lelap, tetapi diakhir tahun 2011 lalu gunung itu kembali beraktifitas bahkan BMKG menetapkan status siaga walaupun bberapa kemudian menurunkanya menjadi status waspada hingga sekarang

Komentar