oleh

Tak Puas Dengan Pimpinan, Sejumlah Anggota DPRD Dompu Bentuk Koalisi

DOMPU—Tak puas dengan kinerja pimpinan DPRD, sejumlah anggota DPRD Kabupaten Dompu selasa kemarin membentuk koalisi Dompu bersatu. Koalisi yang berjumlah belasan orang itu akan menjadi wadah untuk mengkiritisi kinerja pimpinan DPRD yang dianggap selalu melalaikan kewajiban dalam menjalankan tugas-tugas ke dewanan.

Sebelum membentuk koalisi sejumlah anggota DPRD ribut diruang rapat utama, pasalnya saat itu ada agenda rapat pleno tetapi tak satupun dari tiga pimpinan DPRD hadir sehingga rapat pleno untuk memilih pimpinan komisi gagal dilaksanakan. Berbagai pernyataan dan sumpah serapak keluar dari sejumlah mulut anggota DPRD untuk pimpinan DPRD.

Dimotori oleh Ismu Rahmadin,S.Pd Kaharuddin Ase, Ir Thaha, dan Abdullah. S.Kel mereka memberikan pernyataan pers dengan membentuk Koalisi Dompu Bersatu. Menurut mereka akibat kinerja pimpinan DPRD sejumlah agenda yang telah ditetapkan terabaikan dan tidak bisa dilaksanakan. ‘’Berbagai agenda harus diselesaikan, tetapi pimpinan DPRD malah tidak hadir,’’ sesal mereka.

Koalisi berencana akan membalas sikap pimpinan DPRD dengan memboikot seluruh kegiatan DPRD yang ada. Itu terpaksa dilakukan karena melihat kinerja pimpinan DPRD yang sepertinya tidak bertanggung jawab terhadap berbagai agenda yang ada. ‘’Sebagai balasanya kita akan boikot seluruh kegiatan DPRD sebelum ada penjelasan serta terlaksananya pemilihan pimpinan komisi yang baru,’’ tandas mereka.

Terkait dengan pemilihan pimpinan komisi yang baru sebenarnya harus dilakukan pada maret lalu karena sesuai dengan keputusan DPRD Dompu nomor 10 tahun 2010 lalu masa kepimpinanya berakhir. Dalam keputusan DPRD tentang tata tertib DPRD setelah menjalani masa jabatan 2,5 tahun maka dapat dipilih kembali.

Sekretaris DPRD Dompu Drs H Sudirman Hamid mengakui bahwa hari kemarin memang ada agenda pemilihan pimpinan komisi dan telah disebar undangan yang ditanda tangani oleh Wakil Ketua Iwan Kurniawan SE. Ketidak hadiran pimpinan DPRD sesuai hasil konfirmasi kepada yang bersangkutan karena pada saat yang sama Ketua DPRD Rafiuddin H Anas SE sedang dalam kondisi sakit, Wakil Ketua DPRD Drs H Hidayat Ali sedang keluar daerah menghadiri undangan partai bersama ketua Golkar Drs Syafrin AM.

Sedangkan Wakil Ketua DPRD Dompu Iwan Kurniawan SE ada didaerah dan meminta agar agenda itu ditunda dulu sementara karena salah satu fraksi yakni fraksi Golkar tidak ada karena sedang keluar daerah. Sebagai Sekwan pihaknya tidak dapat berbuat apa-apa terhadap kondisi yang terjadi, menurutnya pihaknya masih menunggu perintah lebih lanjut terkait dengan jadwal yang tertunda. ‘’Soal jadwal kita hanya menunggu perintah kapan akan dijadwalkan kembali,’’ terangnya.

13 orang yang membentuk koalisi kemarin adalah Ismu Rahmadi S.Pd (Demokrat), Kaharuddin (PAN), Ir Thaha (PDIP), Abdullah S Kel (PKS), Ir Nusyamsu (PBB), M Huban (PBB), M Amin, S.Pd (PKB), Jauhra Arifin S.Pd (Barnas), Arifuddin SH (PIB), Kurniawan Ahmadi (PIB), H Saidin (Hanura) Drs Syafar (Hanura) dan Hj Nurlaela Chaerunnisa SE (PNI Marhaen).

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]