FKG Unair Gelar Operasi Bibir Sumbing Di Dompu

102

DOMPU—Fakultas kedokteran gigi (FKG) Unair Surabaya sabtu menggelar operasi bibir sumbing terhadap 20 orang pasien secara gratis yang dipusatkan di RSUD Dompu, sejumlah pasien itu berasal dari seluruh kecamatan yang ada.

Ke 20 pasien itu akan ditangani oleh 13 orang tim dokter Unair Prof DR Kun Purnomo, sebenarnya pasienya berjumlah sekitar 40 orang tetapi sebahagianya tidak memenuhi syarat karena dianggap belum cukup umur untuk dioperasi.

Ketua tim dokter Unair menyatakan operasi bibir sumbing hanya menggunakan bius local, sehingga kalau dilakukan pada anak-anak yang belum mengerti maka akan berontak. ‘’Makanya pada kegiatan kali ini kami prioritaskan pada anak diatas 14 tahun,’’ terangnya di RSUD sesaat sebelum memulai operasi.

Kegiatan semacam itu kata Kun Purnomo adalah salah satu bentuk pengabdian FKG Unair kepada masyarakat, sehingga sebelum di Dompu FKG juga telah melaksanakan kegiatan serupa kepada sejumlah daerah yang lain ‘’Pokoknya kami keliling Indonesia,’’ jelasnya.

Sementara Sekda Dompu H Agus Buhari SH yang didampingi Kadis Kesehatan Gatot Gunawan SKM saat menerima secara resmi tim dokter dimaksud menyatakan penghargaan yang tinggi kepada FKG Unair yang berkenan menggelar bhakti social didaerahnya dengan menangani sejumlah pasien bibir sumbing.

Kegiatan semacam itu kata Sekda akan memberikan dorongan moril bagi penderita bibir sumbing untuk tampil lebih semangat dihadapan warga yang lain. Karena terkadang akibat kekuranganya seorang penderita tidak percaya diri berhadapan dengan masyarakat lain.

Komentar