oleh

Lakey Masuk Top 15 Dunia Lokasi Kate Surfing

DOMPU–Kawasan wisata pantai Lakey merupakan salah satu lokasi terbaik di dunia untuk olah raga Kate Surfing (Surfing Layang). Lakey masuk dalam daftar 15 lokasi terbaik dunia setelah beberapa negara di Eropa dan Australia. Tidak heran saat ini banyak juara dunia Kate Surfing yang berkunjung dan latihan di Lakey.

Sean Phillips

Penilaian itu disampaikan, Sean Phillips dan Janelle Lymer pasangan Suami isteri pecinta olah raga Kate Surfing asal Australia. Dia mengaku sudah empat kali datang ke Lakey hanya untuk menikmati keindahan Lakey terutama untuk latihan kate Surfing.

Menurut mereka, angin dan gelombang di Lakey sangat stabil untuk olah raga Kate Surfing selain itu, lokasi bermain Kate Surfing di sini cukup banyak, mulai dari sepanjang Nanga Doro  ke Utara sampai ke Periscope. “Selain bersama isteri saya datang dengan putra saya yang juga pemain kate surfing,” jelas Sean.

Setiap tahun, cerita Sean Phillips, para juara dunia kate surfing tetap datang ke pantai Lakey. Selain untuk menikmati panorama alam mereka fokus untuk latihan, karena karakter gelombang dan angin di Lakey setara dengan gelombang dan angin di beberapa negara penyelenggara kejuaraan Kate Surfing.’’Sayangnya di sini, Lakey belum pernah dilaksanakan kejuaraan Kate Surfing bertaraf International,” katanya.

Sean Philips dan Jenelle Lymer berpendapat, kawasan wisata pantai Lakey sudah menjadi tujuan wisata dunia. Hal ini terlihat dari tourist yang berkunjung tidak hanya dari belahan benua Australia tapi juga dari benua Eropa dan Afrika.

Hanya saja mereka menyayangkan masih banyaknya wisatawan domestik yang berkunjung dan menikmati indahnya Lakey yang tidak memperhatikan kebersihan pantai dari sampah – sampah non organik (sampah plastik). “Kemarin saya melihat mereka seenaknya membuang sampah dan gelas plastik di pantai, sampah mereka bertebaran di sepanjang pantai. dan ini sangat berbahaya,” tegas Sean Phillip didampingi isterinya Jenelle Lymer.

Beberapa tahun terakhir kunjungan wisata di kabupaten Dompu terutama di Lakey terus meningkat dan tidak lagi musiman. hal ini dipengaruhi oleh adanya kunjungan dari wisatawan yang mencintai olah raga kate surfing. “biasanya wisman berkunjung ke Lakey puncaknya hanya sampai bulan agustus september karena gelombang laut untuk olah raga papan surfing sangat bagus di bulan bulan tersebut. Sekarang Lakey semakin ramai oleh hadirnya pecinta kate surfing,” Jelas Muhammad Ali salah seorang pengusaha Restoran dan Hotel di Lakey.

Pengusaha muda yang pernah tinggal 11 tahun dan mengenyam pendidikan di Akademi Pariwisata Australia ini berharap adanya perhatian khusus dari pemerintah setempat guna meningkatnya kunjungan wisata di Lakey. “Sepertinya industri Pariwisata tidak dilirik oleh pemda Dompu. Padahal yang paling dibutuhkan dalam pambangunan industeri pariwisata adalah promosi promosi dan promosi kemudian didukung oleh infrastruktur yang memadai,” kritiknya. (db01)

 

 

 

 

 

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]