Rayakan Hari Jadi, PUPR Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah

354

 

DOMPU–Merayakan hari jadinya yang ke 72 tahun. Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Dompu menggelar banyak kegiatan dan salah satunya lomba karya tulis ilmiah.

Lomba karya tulis ilmiah yang tahapannya dimulai dari tanggal 25 September hingga puncak acara 03 Desember nanti adalah untuk tingkat pelajar SMU se Kabupaten Dompu.

Selain wajib memperhatikan teknik penulisan yang baik dan benar. Para penulis dituntut menyajikan materi yang memiliki relevansi atau keterkaitan dengan program kerja dinas PUPR.

Ada harapan besar yang ingin dicapai pihak dinas PUPR Dompu dibalik lomba karya tulis imiah ini.
Pada bindang Cipta Karya, semua fasilitas umum berupa fisik bangunan yang telah dibangun agar bisa dimanfaatkan secara baik dan penuh tanggung jawab oleh masyarakat. Dan salahnya adalah fasilitas MCK komunal.

Keberadaan sarana itu memiliki tujuan murni untuk terciptanya lingkungan masyarakat yang sehat. Dan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam program MDGS yakni dengan orientasi 100 persen air bersih, 0 persen lingkungan kumuh dan 100 persen sanitasi.

Pada Bidang Tata Ruang. Pihak PUPR ingin mengajak masyarakat terutama para pelajar agar bisa lebih peduli dan paham akan pengetahuan tentang arah pengembangan pembangunan yang akan dilaksanakan di wilayah Kabupaten Dompu.

Terhadap Bidang Bina Marga. Diprioritaskan kepada upaya pemanfaatan pembangunan infrastruktur dan sarana jalan. Dengan tujuan dan harapan agar semua elemen masyarakat bisa dengan mudah dan cepat dalam melaksanakan rutinitasnya terutama dalam menunjang proses peningkatan sektor ekonomi pertanian, dan produksi barang dan jasa.

Seperti pembangunan ruas jalan ekonomi dan jalan pertanian. Dengan adanya tujuan baik pemerintah. Diharapkan adanya kesadaran dan kerjasama yang baik komponen masyarakat untuk bisa ikut berkontribusi minimal dengan ikut menghibahkan sedikit lahannya demi kepentingan bersama.

Pada sektor pengairan, pihak PUPR sangat mengharapkan adanya peran aktif dan kerjasama yang baik dari para petani dan P3A. Salah satu yang bisa dilakukan petani yakni mengoptimalkan fungsi pengawasan jaringan irigasi minimal merawat dan menjaga jaringan tersebut didaerah kewenangan atau lahan masing-masing. “Ini semua adalah harapan yang ingin kita capai dibalik karya tulis ilmiah,” ungkap Kadis PUPR Dompu Ir Abdul Muis.

Bagi para pemenang lomba karya tulis ilmiah ini, panitia Dinas PUPR Dompu telah menyediakan sejumlah uang tunai senilai jutaan rupiah. Untuk kejelasan informasi, para peserta dipersilahkan mendatangi kantor PUPR dan menghubungi pihak panitia. “Silahkan masing-masing sekolah (SMA,Red) menyiapkan siswa terbaiknya,” tutur Abdul Muis. (DB02)

Komentar