Dinas PUPR Sediakan Kantong Sampah di Arena FPT

122

Kerjasama Antara Dompubicara.com dengan Disbudpar Dompu

DOMPU–Persoalan sampah kerap menjadi persoalan utama yang disoroti sejumlah kalangan pasca perayaan Festival Pesona Tambora (FPT). Dan guna mengurangi dampak persoalan tersebut, pada tahun ini sejumlah kantong sampah akan didistribusikan dan disediakan secara khusus di setiap lokasi kegiatan terutama di camp-camp yang menjadi pusat aktifitas masyarakat.

Hal itu dikemukakan langsung Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Dompu, Ir Abdul Muis. “Sejumlah karung kita sediakan sebagai kantong sampah,” ungkapnya ditemui saat memimpin persiapan arena FPT di kawasan objek wisata Sarae Nduha, Padang Savana Doro Ncanga, Dompu.

Pihaknya kata dia akan menyediakan secara khusus sejumlah karung untuk difungsikan sebagai kantong sampah. Penggunaan karung atau kantong sampah itu dirasa lebih efektif, karena akan ditempatkan disejumlah titik strategis sehingga pengunjung bisa menjangkaunya. “Kita distribusikan semua. Terutama di camp-camp atau areal public seperti pada kawasan tenda pedagang,” kata Abdul Muis.

Wadah kantong sampah dari bahan karung itu pula, menurut Kadis PUPR diyakini praktiks karena bisa dipindah tempatkan dengan mudah. Terutama pada saat akan dilakukan pembersihan pasca kegiatan FPT. “Dengan demikian petugas akan lebih mudah melakukan pembersihan. Pengunjung pun kita himbau agar tidak membuang sampah sembarangan,” tuturnya.

Harapan dan himbauan agar masyarakat tertib membuang sampah pada tempatnya juga disampaikan Kabag Humas Pemkab Dompu, Ardiansyah SE. Menurutnya, para pengujung FPT harus punya tanggung jawab untuk menjaga kelestarian lingkungan. Dan salah satunya yakni tidak membuang sampah sembarang tempat. “Kawasan Doro Ncanga harus kita jaga dengan tidak buang sampah sembarang tempat. Panitia menyiapkan kantong sampah, kita harus sadar akan kebersihan disana (Arena FPT),” ujarnya. (DB02).

Komentar