oleh

Ratusan Anak Doakan FT 2018 Sukses

Kerjasama Antara Dompubicara.com dengan Disbudpar Dompu

DOMPU-Ratusan anak-anak, Jum’at pagi 6 April 2018 mendoakan agar event Festival Tambora 2018 berjalan sukses. Doa bersama itu diselenggarakan dalam ritual ‘Ngaha Kawiri’ (Makan Bubur,red) yang dipusatkan didepan kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

‘Ngaha Kawiri’ bersama itu memang inisiasi Dinas Budpar Dompu dengan melibatkan ratusan anak dan ibu-ibu. Tampak anak-anak dan ibu-ibu menyambut gembira tradisi ngaha kawiri yang pernah berkembang di masyarakat setempat pada masa tempo dulu.

Doa dipimpin oleh H Ibrahim untuk meminta keselamatan serta menolak bala bencana yang akan terjadi. Kabupaten Dompu diminta agar tetap dalam keadaan aman dan terkendali, pemimpin diberi kekuatan untuk membangun daerah serta masyarakat diminta untuk bahu membahu membangun daerah ini.

”Melalui doa seperti ini kita minta keselamatan, diberikan kekuatan untuk bersama-sama membangun daerah ini,” ujar H Ibrahim usai berdoa.

Dia sangat mengapresiasi inisiasi Dinas Budpar yang menggelar acara Ngaha Kawiri. Sebab pada jaman dulu ritual ini cukup ampuh terutama untuk menolak bala bencana yang akan terjadi.

Sementara Kadis Budpar Dompu, H Khaerul Insan, SE,MM menjelaskan acara Ngaha Kawiri menjadi menjadi ajang silaturrahmi sekaligus untuk meminta keselamatan serta menolak bala karena Pemkab Dompu saat ini tengah menggelar hajatan besar yakni memperingati hari jadi Dompu yang ke 203 yang dirangkaikan dengan Festifal Tambora.

Menurut Dae Mpera panggilan akrab Kadis Budpar iniĀ  salah satu tradisi masyarakakat setempat bila menghadapi situasi tertentu adalah menggelar Ngaha Kawiri bersama. ”Karena dari situlah muncul semangat baru untuk menghadapi situasi tertentu,” terangnya.

Terkait dengan hajatan memperingati hari jadi Dompu yang ke 203 yang jatuh setiap tanggal 11 April, lanjutnya maka untuk suksesnya acara itu dirasa perlu untuk menggelar acara itu. Sehingga harapanya hajatan besar tersebut dapat berlangsung aman, lancar dan sukses.

Ngaha Kawiri juga diakuinya sebagai usaha untuk menolak bala, menolak penyakit dan semacamnya. Karena itu pada acara Ngaha Kawiri kemarin juga digelar doa bersama yang dipimpin oleh H Ibrahim. ”Kita berdoa agar hajatan yang akan kita laksanakan dapat berjalan lancar, aman dan sukses,” harapnya. (DB01)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]