Forum Samota Hadirkan Investor Tiga Negara Tetangga

167

DOMPU –Forum Samota menghadirkan investor tiga Negara di Kabupaten Dompu, Jum’at 6 Juli 2018. Investor tiga Negara, Malaysia, Singapura dan Brunei bertemu Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin dipendopo Dompu.

Forum itu juga dihadiri sejumlah pejabat SKPD lingkup Pemkab Dompu, membahas berbagai program peningkatan investasi di pulau Sumbawa yang mencangkup TelukSaleh, Pulau Moyo dan Gunung Tambora yang disingkat (SAMOTA).

Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin memaparkan potensi Kabupaten Dompu terkait program ungulan yang menjadi primadona yaitu Tebu, Sapi, Jagung dan Rumput Laut (TERPIJAR).

Menurut Bupati, kebanyakan investor hanya tertarik dengan tambang dan pariwisata. Tetapi bila Kabupaten Dompu hanya bersandar pada sektor tersebut, akan banyak masalah yang tak bisa dituntaskan, seperti kemiskinan dan ketersediaan lapangan kerja.

Mengantisipasi hal tersebut harus ada sector lain yang mampu menopang perekonomian Kabupaten Dompu, yaitu sector agro industry dan perdagangan. Program unggulan Dompu TERPIJAR dianggap mampu menopang perekonomian Kabupaten Dompu kedepannya. Karena perkembangan sector ini setiaap tahunnya mengalami peningkatan.

Data terakhir 2014 hingga 2016 dari dua sektor yaitu Jagung dan Sapi. Mengalami  peningkatan, pada 2014 produksi jagung mencapai 187.125 Ton dan pada tahun 2016 meningkat 253.413 Ton.  Industri sapi, populasi ditahun 2014 mencapai 106.992 ekor sapi, dan pada tahun 2016 meningkat menjadi 119.309 ekor sapi.

Program-program tersebut selain diharapkan mampu menopang perekonomian dan memberikan lapangan kerja terhadap masyarakat kabupaten Dompu khususnya,  Pun diharap mampu menarik perhatian investor agar berinvestasi  guna lebih menggenjot perekonomian Daerah Kabupaten Dompu.

Sementara perwakilan investor asal Malaysia mengaku kagum terhadap potensi Kabupaten Dompu yang begitu luar biasa. Karena itu pihaknya bersedia bekerja dengan Pemerintah Kabupaten Dompu terutama disektor perdagangan sapi.

Malah perwakilan Malaysia ini menawarkan produksi pertahun 5.000 hingga 10.000 ekor pertahun untuk dikirim ke Malaysia.

Kadis Peternakan Kabupaten Dompu Ir Zainal Arifin,M.Si tidak banyak memberikan komentar, namun demikian atas tawaran tersebut pihaknya akan membicarakanya lebih lanjut. (DB03)

Komentar