Andai Pileg Hari Ini, Ini Yang Akan Terjadi di Dompu

186

DOMPU-Pemilihan legislatif (Pileg) sekitar setengah tahun lagi, atau tepatnya 17 April 2019 mendatang. Rentang waktu yang masih lama ini tentu belum bisa menjawab seperti apa konstalasi politik yang akan terjadi.

Tetapi andaikan hari ini pemilihan anggota DPRD dilakukan maka yang akan terjadi adalah adanya semangat warga masing-masing desa bahkan dusun yang ingin mengantarkan calonya kekursi DPRD.

Hasil penelusuran yang dilakukan sebahagian besar warga menginginkan ada calon setempat yang berhasil diantarkan kekursi legislatif. ”Kita akan berjuang untuk mengantarkan calon kita untuk menjadi anggota legislatif,” ujar sejumlah warga Wawonduru Kecamatan Woja.

Alasanya dengan memiliki anggota lebislatif didusun/desa tentu akan mengangkat perfomance wilayah tersebut. Selain itu adanya anggota legislatif sebagai perwakilan rakyat tentu akan berpikir lebih memajukan daerah tempat tinggalnya.

Dana aspirasi peranggota dewan yang jumlahnya miliyaran pertahun menjadi alasan lain bagi warga untuk bersemangat mengantarkan calonya masing-masing.

Bagaimana dengan politik uang yang menjadi momok dalam Pileg kali ini. Sementara ini sebahagian warga belum berpikir kearah sana, walaupun sudah ada yang mengiming-iming seperti itu. ”Warga sudah pada tahu, paling-paling uang diambil tapi tak dicoblos, yang penting tidak minta,” ungkap Ibrahim salah seorang warga.

Sejumlah informasi yang diperoleh menyebutkan semangat untuk melaksanakan demokrasi dengan jujur dan adil mulai disuarakan oleh sejumlah kalangan tertentu. Bahkan di beberapa desa sudah terbentuk relawan yang akan berjuang mengantarkan calonya tanpa politik uang, bahkan ada yang bersedia membiayai sang calon untuk melenggang ke DPRD Dompu.

Jadi tidak salah pada Pileg kali ini masyarakat bisa berubah pikiran memilih calon sesuai dengan hati nurani yang diyakini mampu mengantarkan masyarakat dan daerah kearah yang lebih maju. (DB03)

 

Komentar