oleh

Kenapa RSUD Dompu Kerap SC Pada Ibu Melahirkan?

DOMPU-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Dompu dianggap kerap melakukan Sectio Caesaria (SC) alias Operasi Caesar pada kasus ibu melahirkan. Lebih parah lagi cara RSUD dianggap lebih mementingkan profit dan memilih jalan pintas untuk menyelesaikan kasus ibu melahirkan.

Direktur RSUD Dompu dr H Syafruddin membantah hal itu. Menurutnya SC atau operasi caesar pada ibu melahirkan adalah jalan terakhir ketika seorang ibu kesulitan dalam melahirkan secara normal.

H Syadruddin mengakui kalau di RSUD yang dipimpinya kerap melakukan SC pada ibu melahirkan. Hal itu terpaksa dilakukan untuk menyelamatkan sang anak dan ibu sehingga terhindar dari kematian.

Selain itu lanjut H Syafruddin kondisi sang ibu setelah berada di RSUD sudah dalam keadaan payah. Sebab sebelumnya telah melalui penanganan sang dukun kampung maupun puskesmas dimana sang ibu berasal. ”Bagaimana tidak dioperasi keadaan sang ibu sudah payah, karena kita terima sisa penangan sang dukun dan puskesmas,” terang Syafruddin.

Karena itu Syafruddin berharap tidak ada anggapan lain soal operasi caesar yang kerap dilakukan. Lagi pula RSUD tetap menggunakan standar yang ada dalam penangananya.

Misalkan seorang pasien berkategori miskin maka berlaku ketentuan pelayanan secara gratis. ”Jadi tidak benar kita selalu mementingkan keuntungan dalam melakukan operasi caesar,” pungkasnya. (ADV)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]

News Feed