Drg. Putu Yuni Artati, Gigi dan Rongga Mulut Perlu Dijaga Kesehatanya

0

DOMPU-Gigi dan rongga mulut perlu dijaga kesehatanya. Ini penting karena gigi dan rongga mulut merupakan Fockal infeksion atau faktor utama penyebab penyakit lainnya secara umum. Seperti sakit kepala, penyakit lambung, penyakit usus, jantung hingga struk.

Pesan itu disampaikan Drg. Putu Yuni Artati, M. MKes yang bertugas di poli gigi RSUD Dompu. Menurutnya cara menjaganya adalah dengan menyikat gigi secara benar dan teratur sehingga terhindar dari penyakit yang ditimbulkanya.

Namun ia juga mengungkapkan untuk perokok dan penyuka kopi dengan sikat gigi saja tidak cukup untuk memberihkan plak atau karang gigi yang terbentuk.  Namun harus melakukan pengecekan setiap enam bulan sekali, agar gigi bisa dibersihkan dari plak yang menempel.

“Selain masalah kesehatan, kesehatam rongga mulut dan gigi juga mempengaruhi penampilan dan bau mulut, kalau gigi hitam serta bau mulut jelas akan malu jika ingin berbicara dengan orang lain ,” paparnya.

Poli gigi RSUD Dompu terdapat beberapa pelayanan, berupa layanan bedah mulut berupa pencabutan gigi dan incise abses, layanan konsentrasi gigi berupa penambalan gigi sementara dan penambalan gigi tetap, Layanan endosia berupa pilp cipping dan pulpotomi, layanan oral medical berupa pengobatan penyakit mulut, layanan periodontal berupa pembersihan karang gigi.

Lebih jauh ia mengungkapkan biaya untuk melakukan perawatan tersebut telah di paketkan dan diatur dalam BPJS, namun jika ingin melakukan  pembersihan karang gigi biayanya sekitar 100 ribu. (DB03)

Komentar