Mengenal Sejarah RSUD Dompu

0

DOMPU-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Dompu NTB kini menjadi rumah sakit andalan bagi masyarakat di Bumi Nggahi Rawi Pahu.

RSUD yang terletak di jalan Kesehatan nomor 1 Dompu ini telah mengalami perjalanan sejarah yang panjang.  Didirikan pada tahun 1954 dengan nama balai pengobatan, baru pada awal tahun 1958 RSUD mendapat bantuan dari Depertemen Kesehatan dan pemerintah Pulau Sumbawa sebagai anggaran pembangunan rawat inap, yang pada saat itu dipimpin oleh Dr. Metd. GA. Poch.

Rumah sakit kebanggaan masyarakat Dompu tersebut dikelola oleh pemerintah setempat sejak tanggal 20 Mei 1998 dengan jumlah tempat tidur sekitar 97 kamar.

Kepemimpinan atas RSUD Dompu pun berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Tercatat RSUD Dompu telah berganti kepemimpinan sebanyak 14 kali, pada awal pembangunan tahun 1959 di pimpin oleh Dr. Over Stend, terakhir 2017 hingga sekarang dipimpin oleh dr. H. Syafruddin.

Visi misi dari RSUD yang bertipe C tersebut yaitu, pelayanan kesehatan yang prima secara profesional, memberikan pelayanan kesehatan yang cepat, tepat transparan dan bermutu, memberikan pelayanan kesehatan dengan rasa aman dan nyaman seta terjangkau, meningkatkan sumber daya manusia dan menjadi pusat rujukan sarana kesehatan Kabupaten Dompu.

Moto dari RSUD sendiri berupa, Indah, Kasih sayang, Harmonis, Lestari, Aman, Sehat, Bersih dan bermutu, Ramah, Maksimal yang jika di singkat menjadi IKHLAS BERAMAL. (DB03)

 

Komentar