Punya Inovasi, RSUD Dompu Dapat Penghargaan

0

DOMPU-Program inovasi yang dicanangkan RSUD Kabupaten Dompu mendapat penghargaan dari Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin. Pada hari Pahlawan Nasional 10 Nopember 2018 piagam pengharaan diserahkan dilapangan Beringin Pendopo Dompu.

Program inovasi RSUD Dompu yang mendapat penghargaan itu adalah dengan dibukanya layanan Hemodialisa (cuci darah,red). Layanan itu mulai beroperasi awal tahun atau januari 2019. Layanan itu dibuka hasil kerja keras Direktur RSUD serta jajaran dengan membangun kerjasama dengan pihak ketiga PT Mendjangan Jakarta.

Direktur RSUD Dompu melalui Kasi Program Muh Amin SE mengemukakan penghargaan yang diterima berkat keseriusan pihak RSUD dalam membuka pelayanan itu. Menghadapi dimulai pelayanan diawal januari mendatang sarana pendukung berupa ruangan sudah fix disiapkan. ‘’Ruangan hemodialisa sudah siap tinggal alat-alatnya yang didatangkan,’’ papar Muh Amin diruanganya.

Dibukanya layanan Hemodialisa merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat Dompu terkait dengan pelayanan cuci darah. Selama ini bila ada pasien yang ingin mendapatkan layanan cuci darah maka harus dating ke RSU di Mataram. ‘’Tentu membutuhkan biaya yang besar,’’ jelasnya.

Dengan tersedianya layanan Hemodialisa di RSUD Dompu maka pasien yang membutuhkan layanan cuci darah bisa terlayani. Muh Amin juga mengemukakan masyarakat tidak perlu takut dengan mahalnya setiap kali melakukan cuci darah. Sebab bila warga yang menjadi peserta BPJS maka dengan sendirinya akan terlayani.

Apalagi kata Muh Amin, 95 persen warga Dompu sudah menjadi peserta BPJS, tentu akan memudahkan dalam memberkan pelayanan.

Terkait dengan alat-alat hemodialisa RSUD Dompu berhasil membangun kerjasama dengan pihak ketiga yang saling menguntungkan. Sebab kalau alat-alat tersebut dibeli dengan tunai maka belum sanggup karena harganya yang mahal.

Sistem kerjasama yang dibangun tambah Amin adalah pihak ketiga menyediakan alat hemodialisa, rumah sakit mengoperasikanya dan berbagai kebutuhan untuk cuci darah harus dibeli pada perusahaan yang bersangkutan. (DB03)

Komentar