Trend penyakit anak menurut RSUD Dompu

0
Ibu Usman saat dijenguk Kepala ruang Anak RSUD Dompu, Iin Iskanturani, SST

DOMPU,- Kesehatan anak menjadi tuntutan bagi setiap orang tua, penjelasan terhadap penyakit yang sedang tren saat ini bisa menjadi pelajaran buat setiap orang tua agar bisa menghindari anaknya dari penyakit tersebut.

Kepala Ruang Anak RSUD Dompu Iin Iskanturani SST menjelaskan, penyakit saat ini yang sedang tren yaitu Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan Diare, penyakit ini terus menjadi tren sejak beberapa tahun ini.

Namun ia menambahkan, dibandingkan tahun  lalu, tahun ini mengalami penurunan, pada tahun lalu pihaknya biasa merawat sekitar 100 pasien dalam satu bulan, namun pada tahun ini angkanya menurun, sebulan hanya sekitar 50 hingga 60 paseien per bulan.

Lebih jauh Iin menjelaskan penyakit Ispa dan Diare ini biasanya berlangsung mulai Oktober, atau awal musim hujan, karena perubahan cuaca yang sulit diadaptasi oleh anak, dan juga gaya hidup sehat masyarakat yang masih kurang.

“kalu ispa dan diare biasanya banyak ditemukan saat musim hujan, atau lebih kepada personal hygiene, gaya hidup sehat dalam masyarakat,” terangnya. (ADV/DB01)

Komentar