Meriah dan Sukses Perayaan HAORNAS di Dompu

87

DOMPU-Puncak peringatan hari Olahraga Nasional (HAORNAS) yang ke 36 tahun diselenggarakan cukup meriah oleh seluruh insan olahraga di Kabupaten Dompu.

Minggu pagi tadi, ruas jalan Soekarno Hatta tampak ramai dipadati sejumlah warga dan para pecinta olahraga yang datang secara khusus mengikuti sejumlah kegiatan serakaian acara puncak perayaan HAORNAS.

Arus kendaraan disepanjang jalan itu mulai dari perempatan lampu merah Koramil Kota hingga ke bundaran Gedung DPRD Dompu terpaksa dialihkan. Karena selain menjadi lokasi pusat kegiatan HAORNAS, ruas jalan ini juga menjadi arena Carfreday.

Sesuai topik kegiatan. Peringatan HAORNAS tahun ini dikemas dengan cukup meriah dan penuh edukasi. Beberapa kegiatan yang mampu memberikan pencerahan dan pendidikan bagi warga umum terutama anak-anak tampak disajikan oleh KONI Dompu selaku pihak penyelenggara.

Beberapa kegiatan itu yakni arena kampung sportif, pameran foto dan atraksi atlet lengkap dengan alat latihan dari masing-masing Cabor.

Selain dihadiri para pengurus KONI Dompu. Acara pagi tadi juga dihadiri Plt Asisten III Drs H Gaziamansyuri mewakili Bupati Dompu. Kadis Dikpora H Ichtiar Yusuf SH, Dandim Dompu Lekol Inf Ali Cahyono S Kom dan sejumlah pimpinan Dinas Instansi lainnya.

Ketua KONI Dompu Putra Taufan dalam sambutan singkatnya mengatakan peringatan HAORNAS ini merupakan gaweannya pihak pemerintah Kabupaten. “Secara teknis pelaksanaanya diserahkan ke KONI. Biar lebih meriah. Kedepan harus dilaksanakan oleh pemerintah sendiri. Karena HAORNAS sama dengan Hardiknas,” katanya.

Jika pada tahun sebelumnya sejumlah pelatih yang mendapatkan penghargaan. Pada puncak perayaan HAORNAS tahun ini giliran atlet yang akan menerima penghargaan Hama Bojo Awards. Dengan moment HAORNAS kali ini Putra Taufan mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk lebih giat berolahraga menuju Dompu yang sehat dan tangguh.

Hama Bojo Awards ini merupakan penghargaan tertinggi bagi pelaku dan insan olahraga di Dompu. Penghargaan itu merupakan wujud penghormatan KONI Dompu atas dedikasi dan totalitas sosok Ahmad Said atau yang akrab disapa Hama Bojo saat meraih sejumlah prestasi gemilang sebagai atlet lari dunia diera tahun 80 an. “Sekarang kita fokus untuk atlet. Banyak atlet kita yang telah berjuang mengharukan nama Dompu dilevel Nasional maupun kancah internasional. Sepatutnya pemerintah memberikan perhatian penuh kepada atlet,” tutur Putra Taufan yang lasngsung diaplaus tamu undangan.

Drs Gaziamansyuri menyampaikan sangat sepakat dengan apa yang dikatakan ketua KONI Dompu. Plt Asisten III itu balik meminta agar KONI bisa bersikap lebih sportif terhadap atlet dan Cabor. “KONI harus sportif juga. Semua harus diperlakukan sama, baik atlet dan Cabor,” ujarnya.

Dengan kemajuan perkembangan olahraga di Bumi Nggahi Rawi Pahu yang semakin hari kian menunjukan hasil baik. KONI diminta lebih pro aktif untuk menyiapkan sarana dan prasarana latihan bagi atlet masing-masing Cabor. Karena keberhasilan atlet meraih prestasi harus ditunjang dengan sarana latihan yang memadai. “KONI harus mampu menyiapkan sarana itu,” ujar Gaziamansyuri yang juga Kabag Ortal Setda Dompu itu.

Pada puncak acara, penyerahan penghargaan hama Bojo Awards berhasil diraih atlet Cabor Muathay atas nama Ardiansyah. Penghargaan itu layak diterima Ardiansyah karena baru-baru ini berhasil mengharumkan nama Dompu dengan mengibarkan sang Merah Putih pada kejuaraan Dunia, Muathay di Thailand.

Pada kejuaraan tersebut Ardiansyah berhasil meraih medali Perak dan putra asli Dompu ini mampu menyisihkan sejumlah atlet terbaik dari 140 negara yang mengikuti kejuaraan bergengsi itu.

Selain penghargaan Hama Bojo Awards. Ardiansyah juga berhak mendapatkan paket Umroh senilai Rp 25 juta dari pihak KONI Dompu.

Pada moment HAORNAS itu pun Ketua KONI Dompu mendapatkan Cinderamata dari ketua Cabor Pertina Dompu, Letkol Inf Ali Cahyono. (DB02)

Komentar