Ribuan Peserta Ramaikan Pawai Ta,aruf

78

DOMPU-Senin (09/09) sore hari tadi, lapangan bola Kandai Dua, Kecamatan Woja, tampak cukup ramai dipadati peserta yang mengikuti kegiatan pawai Ta,aruf.

Bak lautan manusia, arena MTQ terlihat dibanjiri warga yang berbondong-bondong datang untuk meramaikan pawai Ta,aruf. Pembukaan MTQ itu sendiri akan dimulai pada Selasa malam esok hari.

Pawai Ta,aruf sore hari tadi dilepas pada dua titik star yang berbeda yakni untuk wilayah Timur di lapangan bola Manggemaci, Kelurahan Simpasai dan wilayah Barat dilepas diareal Gedung Serbaguna, Kelurahan Monta Baru, Kecamatan Woja. Para peserta pawai selanjutnya bergerak menuju lapangan bola Kandai Dua sebagai titik finis sekaligus lokasi kegiatan MTQ ke 28.

Dikawal khusus mobil Patwal Satlantas Polres Dompu, sekitar pukul 15. 30 Wita, rombongan pawai Ta,aruf baik dari arah Timur dan Barat sama-sama mulai bergerak menuju lokasi MTQ. Arus kendaraan diruas jalan lintas Sumbawa mulai dari arah Simpasai dan Monta Baru terpaksa dialihkan ke jalur lain agar tidak memicu kemacetan.

Selain diikuti para kafilah dari delapan kecamatan, pawai juga diikuti para pejabat dan kalangan ASN masing-masing instansi dan OPD. Peserta pawai juga banyak diikuti oleh para pelajar disejumlah tingkatan sekolah, tim Pengajian, para tokoh Agama, tokoh masyarakat dan sanggar kesenian serta masyarakat umum.

Gema salawat juga terdengar mengiringi langkah para pesertai pawai. Atraksi Drumband, dan kesenian Hadrah lengkap dengan Rebana tampak menghibur sejumlah warga yang berjejer menonton disepanjang jalan yang dilewati.

Begitupun dengan suara Kareku Kandei yang dimainkan ibu-ibu tepat dijalan masuk menuju lokasi MTQ, terdengar cukup membahana sebagai ucapan selamat datang dari warga Kandai Dua selaku tuan rumah.

Memasuki garis finis, para kafilah dan peserta pawai disambut meriah oleh Bupati Dompu beserta jajarannya. Unjuk kebolehan sejumlah pesilat juga tampak menghibur peserta dan warga.
Selanjutnya peserta dipersilahkan memasuki arena MTQ dan menempati sejumlah kursi yang disediakan panitia.

Pada kesempatan itu, para dewan hakam langsung dilakukan pelantikan oleh Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin. “Sengaja dewan hakamnya kita lantik sore ini. Dan besok pembukaan kita mengaji bersama. Besok harus hadir semua, harus lebih ramai lagi,” kata bupati disambut aplaus tamu undangan.

Selain sebagai agenda tahunan. MTQ tahun ini menurut bupati merupakan sebagai wadah untuk melatih diri karena tahun 2020 nanti, Kabupaten Dompu bakal menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi NTB. “Ini sebagai media kita berlatih untuk event besar nanti. Tahun depan insya Allah Dompu tuan rumah MTQ tingkat provinsi,” ungkap bupati yang lagi-lagi diaplaus tamu undangan dan warga yang hadir.

Diakhir sambutannya, bupati mengajak semua elemen masyarakat di Bumi Nggahi Rawi Pahu untuk tetap bekerjasama menyatukan persepsi dalam tujuan membangun Kabupaten Dompu kearah yang lebih baik lagi. “Moment MTQ tahun ini mari kita semua bermunajat semoga Dompu kedepan semakin sejahtera dan lebih baik lagi,” tutur HBY sapaan akrab orang nomor satu di Dompu itu. (DB02).

Komentar