Tiga Bacabu Dompu Bertemu, Sepakat Ciptakan Politik Damai

449

DOMPU-Tiga bakal calon Bupati (Bacabu) Kabupaten Dompu, tadi malam Sabtu 21 September 2019 bertemu di aula Home Stay Kitty House Selaparang Desa Matua Kecamatan Woja Dompu NTB.

Ketiga Bacabu itu adalah H Ihtiar SH (HI), Syaifurrahman Salman SE,M.Si (HSS) dan Ilham Yahyu, S.Pd (IY). Untuk diketahui ketiganya telah sama-sama mendaftarkan diri ke Partai PDIP untuk diusung sebagai calon Bupati Dompu periode 2021-2026 mendatang.

Pertemuan itu adalah silaturrahmi biasa yang ditandai santap malam bersama dengan Sarati Puru (Bebek Bakar). Namun demikian momen itu akan dipakai sebagai titik awal bagi terwujudnya politik santun dan damai didaerah Kabupaten Dompu.

Suhu politik didaerah ini memang mulai menunjukan grafik yang menaik terutama ditingkat timses, pendukung seta grassroot. Maka forum pertemuan dan silaturrahmi antar bakal calon akan menjadi alat pendingin bagi para pihak tersebut.

Catatan media ini ketiga calon tersebut masing-masing membawa timses serta orang-orang kepercayaanya. Mereka menyatu dan larut dalam suasana gelak tawa bahkan ‘olok-olokan’.

Tidak banyak obrolan yang mengarah ke politik dan belum satupun visi-misi yang diungkap dalam forum itu. Tetapi satu catatan penting yang bisa diambil adalah mereka sepakat menciptakan politik damai dalam Pilkada Dompu mendatang. ”Hubungan antar calon, tim sukses dan pendukung akan cair dengan suasana seperti ini,” ujar ketiganya.

H Ichtiar yang menjadi motor acara itu menyatakan menghadapi Pilkada mendatang harus dibuka ruang silarturrahmi terutama untuk antar calon. Ini penting agar tetap tercipta suasana keakraban dan saling menghargai. Di forum silaturrahmi ini menurut Ichtiar bisa digunakan sebagai ajang diskusi ataupun hanya untuk coffe bareng.

Syaifurrahman Salman juga menyatakan begitu. Menurutnya politik adalah seni yang harus dimainkan dengan jiwa yang halus. ”Karena itu tak perlu ada saling sindir apalagi sampai gontok-gontokan,” ujar Syaiful.

Senada, Ilham Yahyu juga menyatakan demikian. Pria yang sudah malang melintang didunia politik ini menyatakan sangat mengapresiasi forum seperti itu. Kata dia meski itu forum biasa (bukan forum resmi) tetapi sangat sarat dengan nilai keakraban. ”Tentu suasana ini akan berlanjut ke timses hingga grassroot,” ujar dia.

Ilham Yahyu yang juga Ketua Umum Partai Berkarya Kabupaten Dompu berharap agar forum seperti ini tetap berlanjut dan menjadi bingkai silaturrahmi elegan antar calon, timse dan pendukung. (DB01)

 

 

Komentar