Pilkada Dompu 2020, Minat Jadi Cabub Sangat Tinggi

263
Ilustrasi Cabub

DOMPU-Rupanya minat menjadi Calon Bupati (Cabub) didaerah Kabupaten Dompu sangat tinggi. Hal itu terlihat dari daftar nama yang muncul yang melamar disejumlah partai politik yang ada.

Setidaknya sudah 20 nama yang muncul dan masih menunggu proses parpol untuk diusung menjadi calon Bupati ke KPUD setempat. Melihat daftar nama yang ada, Pilkada kali inilah yang paling ramai dengan bakal calon yang ada.

Kondisi ini bisa dimengerti mengingat tidak ada petahana yang ikut bertarung, sebab Bupati Dompu Drs H Bambang Yasin tidak memenuhi syarat lagi menjadi calon karena sudah periode memimpin.

Ketua KPUD Dompu Drs Arifuddin menyatakan semakin banyak calon yang tampil akan semakin baik bagi kehidupan demokrasi didaerah ini. Selain itu semakin memberikan peluang bagi partai politik dalam menjaring figur yang benar-benar diinginkan rakyat serta dibutuhkan bagi pembangunan daerah.

Masyarakat pemilih juga akan semakin banyak pilihan dalam menentukan figur yang akan menjadi pemimpin kedepan. Namun demikian meski banyak peminat menjadi calon akan dibatasi dengan syarat calon sesuai yang tertuang dalam PKPU nomor 3 tahun 2017.

Dalam aturan terdapat dua skema yang boleh digunakan parpol ataupun gabungan parpol pemilik kursi di DPRD untuk dapat mengajukan calon mereka. Yang pertama yakni dengan menggunakan metode jumlah kursi dimana parpol maupun gabungan parpol wajib memiliki syarat dukungan minimal 20 % dari total kursi di DPRD.

Sedangkan yang kedua yakni menggunakan metode dukungan suara dimana partai politik atau gabungan partai politik wajib memiliki dukungan minimal sebesar 25% dari suara sah pada pemilu legislatif di DPRD setempat pada pemilu terakhir.

Melihat skema pencalonan ini maka calon yang akan dilahirkan maksimal lima pasangan dengan jumlah  30 kursi di DPRD setempat. (DB01)

Komentar