Sambut Hari Bhakti PU, Petugas Pengairan Bersihkan Saluran Irigasi

42

DOMPU-Menjelang hari Bhakti PU tahun ini. Sejumlah petugas Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Dompu melaksanakan kegiatan pembersihan saluran irigasi.

Kegiatan itu dilaksanakan secara serentak di semua wilayah irigasi sekunder yang tersebar di masing-masing kecamatan diseluruh belahan Bumi Nggahi Rawi Pahu.

Aksi gotong royong membersihkan jaringan irigasi tersebut dilaksanakan Kamis (28/11) pagi tadi. Untuk wilayah Dompu barat dipusatkan pada irigasi sekunder DI Baka atau tepatnya saluran yang terletak disepanjang ruas jalan depan Kantor Camat Woja, Kelurahan Montabaru.

Kepala Dinas PUPR Dompu, Ir Abdul Muis MSi, Sekretaris Abdullah S Sos dan Kabid Pengairan Ir Syamsuddin tampak turun langsung dan aktif memimpin kegiatan pembersihan saluran irigasi diwilayah Dompu barat pagi tadi. “Selain beban tugas. Ini juga sebagai tanggung jawab moral. Nurani para taruna PU (Petugas Pengairan, Red) terpanggil untuk kegiatan ini,” kata Kadis PUPR Dompu.

Menyadari pentingnya pemanfaatan air bagi kebutuhan lahan irigasi petani. Abdul Muis mengaku, dengan kegiatan pembersihan saluran air tersebut setidaknya bisa meringankan beban kerja para petani yang saat ini tengah melakukan aktifitas pengolahan lahan pertanian. “Sesuai target sasaran pembersihan masing-masing wilayah sepanjang 2 kilo meter,” ujarnya.

Pantauan langsung media ini dilapangan. Aksi pembersihan saluran irigasi itu berjalan lancar. Sejumlah petugas Bidang Pengairan tampak cukup antusias dan aktif melakukan pembersihan dinding saluran dari semak belukar dan rerumputan.

Bahkan pihak Dinas Pertanian dan Perkebunan diwakili Kepala BPP Woja, Edyson HD, SH juga tampak turut serta secara aktif membantu para petugas pengairan melakukan pembersihan saluran irigasi. “Kegiatan ini bagian dari kedaulatan pangan, jadi kita semua terpanggil dan ikut bertanggung jawab agar petani serta masyarakat kita bisa lebih sejahtera,” tutur Edyson yang juga Sekjen DPD II KNPI Dompu itu. (DB02).

Komentar