oleh

Tuntaskan KTP Pemilih Pemula, Dukcapil Dompu Turun Rekam ke Sejumlah Desa

DOMPUBICARA-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dompu terus menuntaskan penerbitan KTP bagi pemilih pemula. Dibawah kepemimpinan PLT Kadis Dukcapil Hj Daryati Kustilawati,SE,M.Si menjemput bola dengan mendatangi sejumlah desa dibeberapa kecamatan hingga 9 Desember mendatang.

Seperti yang dilakukan di Desa Katua Kecamatan Dompu, Rabu, 2 Desember 2020 puluhan remaja yang sudah berumur 17 tahun atau lebih yang belum memiliki KTP melakukan perekaman diri untuk diterbitkan KTP.

Ikut memberikan pelayanan di Desa Katua, Kabid PIAR H Usman S Sos, Kabid Inovasi dan pemanfaatan data kependudukan, Khaerani Agustini, SE, Kasi SIAK Imran S.Sos serta sejumlah petugas perekaman-el.

Sayangnya KTP-el tidak bisa langsung dibawa pulang sebagaimana biasa karena mesin printer tengah mengalami kerusakan sehingga harus dicetak dikantor Dukcapil. ”KTP nya tinggal dicetak dan bisa langsung diambil dikantor,” ujar salah seorang operator.

PLT Kadis Dukcapil melalui Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) H Usman S Sos mengaku gebrakan yang dilakukan tersebut atas inisiatif Kadis baru untuk mematiskan bagi remaja 17 tahun atau lebih yang belum memiliki KTP bisa menggunakan hak suaranya pada Pilkada 9 Desember mendatang.

Gebrakan jemput bola ini kata H Usman akan terus dilakukan hingga 8 Desember mendatang sebelum hari H pencoblosan suara. ”Kami turun atas atas inisiatif ibu pimpinan dan tanpa anggaran,” papar H Usman.

Hari kamis akan melakukan perekaman di Desa Soro Kempo, Jum’at, Sabtu dan Minggu dibeberapa desa di Kecamatan Pekat. Sedangkan hari Senin, di Desa Jambu Kecamatan Pajo, terakhir hari selasa di Desa Matua Kecamatan Woja.

Selain melakukan aksi jemput bola, ada juga tim yang melakukan perekaman khusus malam hari di depan kantor Dukcapil dan berlangsung hingga menjelang waktu pencoblosan 9 Desember 2020. ”Kita masih memberikan pelayanan di tanggal 9 desember sebelum pencoblosan,” pungkasnya. (DB01)

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]