oleh

DR Abdurrahman Dorong Anak-Anak Dompu Jadi Figur Seperti SBY

DOMPU—Anggota DPR-RI Dapil NTB DR Abdurrahman Abdullah mendorong anak-anak didaerah Kabupaten Dompu NTB dapat muncul seperti sosok SBY, menjadi orang hebat dan menjadi presiden RI. Dorongan itu disampaikan Abdurrahman didepan ratusan guru PAUD dan SD yang mengikuti pelatihan pengajaran matematika dengan metode yang mudah dan menyenangkan digedung SKB Dompu rabu 25 april.

 

Menurutnya tidak tertutup kemungkinan muncul figure-figur hebat yang berasal dari daerah, yang penting ada kemauan keras untuk berusaha dan berjuang. Lewat system pengajaran matematika akan diusahakan anak-anak bisa cerdas dalam segala hal. ‘’Karena matematika menyangkut kepada seluruh aspek kehidupan,’’ jelasnya.

Pelatihan guru Paud dan SD ini adalah hasil kerja sama antara Abdurrahman Center dengan Dikpora Dompu dan Al Fauzien Learning Center Jakarta sebagai tutor. Pelaksanaanya karena terketuk dengan minat anak-anak yang masih kurang melirik pada mata pelajaran matematika karena dianggap susah dan berat. Padahal kalau diajarkan dengan pola baik maka kesulitan akan teratasi. Untuk Pulau Jawa pola moderen dan baik telah diajarkan sehingga kwalitas yang dihasilkan bisa memadai.

Pola pengajaranya yang akrab dipakai adalah berasal dari negara Jepang seperti Kumon dan Sakamoto. Kumon mengacu pada lembar kerja dengan susunan pelajaran yang meningkat secara step by step. Memberikan lembar kerja yang dapat diselesaikan oleh anak setiap hari dalam waktu kurang dari 30 menit.

Keistimewaan Kumon, anak belajar dengan cara, membaca petunjuk dan contoh soal pada lembar kerja, berpikir sendiri, lalu mengerjakan soal dengan kemampuannya sendiri. Sistem belajar, bahan pelajaran, dan pembibingan Kumon dibuat sedemikian rupa agar anak dapat belajar secara mandiri.

Di Kumon pelajaran yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing anak, bukan berdasarkan tingkatan kelas atau usia anak. Rangkaian soal-soal pada lembar kerja Kumon tersusun secara small steps sehingga dapat leluasa disesuaikan dengan kemampuan belajar dan kemajuan anak. Disusun sedemikian rupa agar dapat membentuk kemampuan dasar yang mantap dan memungkinkan anak mengerjakan level yang lebih tinggi dari tingkatan kelasnya dengan kemampuannya sendiri.

Sedangkan metode Sakamoto adalah salah satu kursus Matematika yang menitik beratkan pada soal-soal cerita. Metode Sakamoto telah diterapkan di beberapa negara termasuk Jepang dan Singapura dimana standar pengajaran murid-murid SD-nya terbaik di dunia. Di Indonesia sendiri Sakamoto telah hadir di beberapa propinsi, diantaranya DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Jawa Timur. Dan saat ini tengah dikembangkan diseluruh Indonesia.

Wakil Bupati Dompu Ir H Syamsuddin MM yang membuka pelatihan kemarin berterima kasih atas inisiatih beebrapa pihak yang menggelar pelatihan dimaksud. Output yang diharapkan mampu mencerdaskan anak didaerah Dompu.

Sementara dua tutor dari Al Fauzien Learning Center, Najah Fauzi dan Nadia Fauzi memberikan pelatihan kepada ratusan guru-guru SD dari seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Dompu.

{gallery}pelatihan-matematika{/gallery}

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]

News Feed